Konsep Sekolah Aman Perlu Dikembangkan Secara Luas

Studi Banding ASEAN Safe Schools Initiative di SDN 1 Dadapan Rembang. (Photo: Heri CS - Idola FM)
Studi Banding ASEAN Safe Schools Initiative di SDN 1 Dadapan Rembang. (Photo: Heri CS – Idola FM)

Masuk Kurikulum

Program Manager Inisiatif Sekolah Aman Asean (ASEAN Safe School Initiative — ASSI) Thearat Touch menyatakan, Indonesia termasuk negara yang paling rawan terkena risiko bencana. Untuk itu, Indonesia didorong untuk mengimplementasikan konsep sekolah aman secara luas. Menurut Thearat, melalui kunjungan belajar ini, diharapkan peserta dapat berbagi pengalaman mengenai pelaksanaan program sekolah aman, sekaligus mempererat kerjasama dalam pengurangan risiko bencana, khususnya di sekolah.

“Sekolah aman bukan hanya soal struktur bangunan, tapi juga pengetahuan tentang kebencanaan di kalangan siswa, guru dan warga sekitar, serta kebijakan dan aturan yang mendukungnya,” ujar Thearat dalam bahasa Inggris kepada Idola FM di sela-sela simulasi.

Ia menambahkan, Di Indonesia, kunjungan dilakukan di Jakarta dan Rembang. Khusus di Rembang, rombogan meninjau program Sekolah Aman yang diimplementasikan Plan International Indonesia di SD Dadapan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, termasuk advokasi yang dilakukan Plan di tingkat Kabupaten Rembang.