Konsumen Gaya Baru Perlu Gaya Pemasaran Baru

Melalui Social Technographics Pofile, Li dan Bernoff mengelompokan konsumen berdasarkan aktivitas mereka di media social. Awalnya ada enam kelompok yang dimasukkan kedalamnya, yakni creators, critics, collectors, joiners, spectators, dan inactives. Pada tahun 2010, Li da Bernoff menambahkan satu kelompok baru, yakni conversationaslists.

Social Technographics Pofile meliputi:

  • Creators: Ini adalah tipe konsumen yang secara aktif menciptakan konten-konten yang di publikasikan online secar bebas. Konten-konten yang diciptakan bisa berupa artikel blog, website, musik, hingga video.
  • Conersationalist: artinya adalah banyak teribat dan memulai perbincangan di social network. Tipe konsumen ini aktif sekali meng-update status mereka di facebook dan twitter juga senang berbalas komentar dengan oengguna social network lainnya.
  • Critics: Sesuai dengan namanya sering kali mengkritisi sesuatu yang mereka lihat di media social. Aktivitas yang biaa mereka lakukan antara lain memberikan penilaian/rating mengenai produk atau jasa dari suatu perusahaan, meninggalkan komentar di blog orang lain, aktif berkontribusi di forum-forum online dan mengedit artikel-artikel wiki.
  • Collectors: tipe konsumen ini selalu senang menjadi orang yang lebih dulu tahu mengenai berita-berita terbaru. Mereka senang mengumpulkn informasi sembari mengatur/mengelmpokkan berita-berita yang ada. Collectors sering menggunakan RSS feed di computer maupun smarthone mereka untuk mempersingkat waktu konsumsi mereka. Mereka juga senang mencantumkan tag untuk membantu mengtur informasi yang mereka temui. Tagging disini tidak hanyya terbatas pada foto social network, tetapi juga website dan artikel apapun yang mereka temui di internet melalui situs-situs social bookmarking seperti Del.icio,us, Evernote, maupun Google Bookmarks.
  • Joiners: walaupun mirip dengan conversationalists, joiners tidak seaktif mereka. Alasan utama joiners dalam membuat akun social network sebatas menjaga hubungan untuk teman, kenalan, dan sanak keluarga mereka. Mereka mungkin sering berkunjung ke situs social network seperti Facebook dan Linkedin, namun mereka akan jarang sekali meng-update status mereka maupun membalas komentar dengan pengguna social network lainnya. Aktifitas mereka lebih bersifat konsumtif dan tidak menciptakan hal baru untuk dinikmati oleh konsumen lainnya.
  • Spectators: Sebagian besar pengguna web akan berada didalam kelompok ini. Spectators adalah konsumen yang aktivitasnya mngonsumsi informasi yang sudah tersedia di ranah digital. Mereka akan sering membaca blog, menonton video dari konsumen lain, mendengar podcast, membaca forum online, membaca komentar orang lain, dan membaca penilai/ratting yang sudah ditinggalkan konsumen lainnya. Dengan kata lain, spectators lebih banyak menikmati apa yang sudah dikerjakan kelompok-kelompok sebelumnya di social technographics profile.
  • Inactives: inactives adalah kelompok yang tidak berpartisipasi sama sekali I dalam groundswell. Mereka hannya menggunakan internet untuk kegiatan-kegiatan mendasar seperti membuka e-mail dan mencari informasi ringan. Kelompok ini tidak terlibat dalam kegiatan-kegiatan interaktif/sosial yang menjadi kekuatan utama web 2.0. Tentu saja diluar kelompok ini masih ada mereka yang belum menggunakan internet dan tidak bisa berpartisipasi sama sekali. (Doni Asyhar)