Tekan Kematian Ibu Melahirkan Dan Bayi Perlu Sinergi Semua Pihak

Semarang Trending Topic, Tekan Kematian Ibu Melahirkan (IdolaFM)
Semarang Trending Topic, Tekan Kematian Ibu Melahirkan (IdolaFM)

Berburu Ibu Hamil

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat program untuk menekan angka kematian ibu hamil dan bayi baru lahir di wilayahnya. Program tersebut diberi nama “berburu ibu hamil”. “Ayo berburu ibu hamil. Catat kondisinya untuk memantau perkembangan ibu hamil,” kata Ganjar.

Program ini sudah berlangsung 1 tahun, meskipun sampai sekarang hasilnya belum maksimal. Ia mengakui, tren angka kematian ibu melahirkan tahun ini naik. “Semoga data ini bisa digunakan untuk peduli terhadap ibu hamil.”

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, setiap turun ke bawah dalam berbagai pertemuan selalu menanyakan hal ihwal kesehatan ibu hamil. Misalnya, ia memanggil ibu-ibu yang hamil maju ke depan dalam sebuah forum. Di situ Ganjar mencecar ibu hamil terkait dengan kondisi kesehatannya.

“Berapa bulan, sudah periksa belum, kalau anaknya sudah banyak ya harus ikut program KB,” kata Ganjar. Ia berharap dengan berburu ibu hamil tersebut maka bisa dilakukan usaha menekan kematian ibu hamil dan bayi baru lahir. Ganjar menyatakan, bila ada daerah yang tiap tahun angka kematian ibu hamil masih terus tinggi maka ia tak segan-segan untuk memberi peringatan. “Berarti pejabatnya gagal,” kata Ganjar.

1
2
3
Artikel sebelumnyaTransportasi Massal, Persoalan Besar Semarang
Artikel selanjutnya[PhotoEvent] Lomba Nyanyi Jingle Minyak Telon Mungil