Kementan: SPIP Akan Wujudkan Swasembada Pangan

Justan Riduan Siahaan, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan)

Semarang, idola 92.6 FM – Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Justan Riduan Siahaan mengatakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dari Kementerian Pertanian bertujuan untuk mewujudkan keberhasilan swasembada pangan.

“Fungsi monitoring seorang manajer dalam mengendalikan usahanya, ini ditiru dari SPIP. Jadi, jika ingin mewujudkan swasembada beras, maka SPIP harus diterapkan,” katanya saat membuka pembinaan maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Semarang baru-baru ini.

Menurutnya, SPIP merupakan sistem untuk mengendalikan sejumlah kegiatan yang salah satunya mengawal ketahanan dan swasembada pangan nasional.

Dia mencontohkan, target padi pada tahun 2015 sebanyak 75 juta ton sudah bisa terpenuhi melalui SPIP. Sehingga, sistem serupa diteruskan di tahun ini, karena pada tahun ini target produksi padi seluruh Indonesia sebanyak 80,29 juta ton.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, melalui sinergi bersama instansi terkait dan implementasi dari SPIP diharapkan akan lebih mengoptimalkan tujuan pemerintah. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaOJK: Tingkat Kredit Macet Bisa Ditekan Dengan SDM
Artikel selanjutnyaGanjar Minta PT KAI Tidak Gusur Bangunan Warga Kebonharjo Ber-SHM