OJK Jateng-DIY: Kinerja BPR Membaik

Semarang, Idola 92.6 FM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional III Jawa Tengah-DIY menyebutkan pangsa pasar bank perkreditan rakyat (BPR) di Jawa Tengah cukup besar karena kinerja yang membaik .

Kepala OJK Kanreg III Jateng-DIY Panca Hadi Suryatno diSemarang, Senin (29/8) mengatakan, hingga semester satu 2016 jumlah BPR di Jawa Tengah mencapai 252 dan 26 BPR Syariah.

Sementara, jika dilihat dari aset BPR/S mencapai Rp 23,9 triliun dana pihak ketiga Rp17,8 triliun dan penyaluran kredit sebesar Rp 18,9 triliun.

Secara “year on year” atau tahunan, jelas Panca, ada pertumbuhan kinerja yang lebih baik dari BPR/S di wilayah Jawa Tengah.

“Secara rincian, untuk aset tumbuh 16,14 persen, dana pihak ketiga tumbuh 18,94 persen dan kredit tumbuh 9,54 persen. Jika dibanding dengan provinsi lain kinerja BPR di Jateng relatif lebih baik,” tuturnya.

Dengan hasil kinerja itu, lanjut Panca, aset BPR/S di wilayah Jawa Tengah memiliki pangsa pasar sebesar 21 persen dari total aset BPR/S nasional yang mencapai Rp 113,9 triliun.

Namun demikian, menurutnya, persaingan di tahun mendatang bagi BPR/S akan semakin ketat. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaKredit Macet BPR Jateng-DIY Lebih Tinggi Dari Nasional
Artikel selanjutnyaMerevitalisasi Mimpi Indonesia Dengan Persatuan