PT Jababeka Kembangan KIK Jadi Kota Industri Lengkap

Semarang, Idola 92.6 FM – PT Jababeka Tbk selaku pengembang Kawasan Industri Kendal (KIK) menyebutkan, wilayah itu akan dibangun dengan penataan layaknya kota industri lengkap.

Presiden Direktur PT Jababeka Budianto Liman di Semarang baru-baru ini mengatakan, KIK memiliki tagline ”Industrial Park by the Bay” artinya kawasan yang terletak di tepi pantai.

“Jadi konsep yang dikembangkan di Kawasan Industri Kendal sama dengan di Jababeka. Ada kawasan pabrik, perumahan dan juga komersial lainnya,” ujarnya.

KIK, lanjutnya, akan menjadi kawasan perindustrian terlengkap di Jawa Tengah. Yakni terdiri dari areal resident dan komersial selain pabrik, sehingga bisa menjadi kota mandiri modern pertama di provinsi Jawa Tengah.

Dijelaskan, pembangunan pada tahap pertama, perusahaan yang sudah siap beroperasi adalah PT Tat Wai Industry dari Sigapura yang bergerak di bidang furniture.

KIK direncanakan akan memiliki beberapa kluster industry. Di antaranya food city, furniture hub dan building material zone.

Harapannya, KIK itu akan menjadi magnet bagi para investor yang akan masuk ke Jawa Tengah.

Seperti diketahui, KIK merupakan kawasan terpadu, dengan luas kurang lebih 2.700 hektar dan dikembangkan PT Jababeka Tbk. Pada tahap pertama pembangunan, baru dibuka lahan kurang lebih lahan delapan ratus hektar. (Budi A/Diaz A)

Artikel sebelumnyaMenperin Pastikan Perizinan Industri Di KIK Tiga Jam
Artikel selanjutnyaPPL Dan Panwaslu Diminta Redam Potensi Kerawanan Pilkada