BI: Ekonomi Jateng Jelang Akhir Tahun Tumbuh Baik

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo mengatakan dengan kondisi perekonomian yang terjadi sekarang ini, diperkirakan laju inflasi mencapai 3-3,5 persen dan masih sesuai dengan sasaran inflasi 2017.

Dengan kondisi tersebut, jelas Ponco, perekonomian di Jawa Tengah ikut terdorong tumbuh positif. Bahkan, transaksi ekspor provinsi ini ke Amerika Serikat, Eropa dan Tiongkok juga semakin menguat. Ditambah lagi, investasi di sektor infrastruktur juga mengalami pertumbuhan hingga 7,35 persen.

“Pada triwulan ketiga 2017 ini perekonomian Jawa Tengah mengalam pertumbuhan sebesar 5,13 persen. Ini lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, hanya 5,06 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Jateng di triwulan ketiga didorong percepatan pertumbuhan ekspor, investasi dan konsumsi pemerintah,” kata Ponco.

Lebih lanjut Ponco menjelaskan, dengan pertumbuhan perekonomian Jateng yang terus menguat, dirinya berkeyakinan inflasi di provinsi ini tetap berada di level stabil. Yakni di kisaran 3,19 persen pada November 2017. Sedangkan dari Januari-November 2017, inflasinya sebesar 2,97 persen.

“Saya yakin, sampai akhir tahun, masih sesuai target. Yaitu empat persen plus minus satu persen,” tandasnya. (bud/her)

Artikel sebelumnyaPraktisi Menilai Properti Sepanjang Tahun Ini Lesu
Artikel selanjutnyaBagaimana Strategi Keluar Dari Jebakan Negara Berpenghasilan Menengah