Ganjar: Surat Moratorium Pabrik Semen Sudah Dikirim, Tinggal Sikap Presiden

Semarang, 92.6 FM-Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sudah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo, yang isinya meminta moratorium pabrik semen di Jawa Tengah. Surat itu dikirimkan Ganjar, tertanggal 27 Desember 2016 kemarin. Di dalam surat permintaan moratorium pabrik semen itu, terkait dengan masih bergulirnya pro kontra pabrik Semen Indonesia di Kabupaten Rembang.

Menurut Ganjar, ada tiga catatan di dalam surat moratorium kepada Presiden Jokowi itu. Yaitu soal konflik sosial, kerusakan lingkungan dan mengenai sebab lainnya.

“Ya, saya sudah kirimkan surat ke pak presiden, yang intinya soal moratorium. Pemprov ingin mengkondusifkan situasi, dan batas waktu moratorium tidak berbatas sampa waktu yang ditentukan. Kalau sudah kondusif, ya mungkin bisa dibuka lagi,” kata Ganjar.

Diketahui, di dalam beberapa tahun terakhir ini ada 12 usaha pabrik semen yang mengajukan izin operasional di Jawa Tengah. Beberapa izin yang diajukan itu, ada yang ditolak karena dokumen Amdal tidak memenuhi syarat. Selain itu, pabrik semen yang akan beroperasi masih berhadapan dengan warga penolak. (Bud)

Artikel sebelumnyaPakai Kartu BPJS Kesehatan Bisa Dapat Diskon Menginap di Hotel Berbintang
Artikel selanjutnyaPemprov Tanya Kemendagri Jadwal Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Hasil Pilkada Serentak 2017