KPU Jateng Siapkan Rumah Pintar Pemilu Untuk Edukasi Pemilih Pemula

Semarang, Idola 92.6 FM – KPU Jateng menyiapkan Rumah Pintar Pemilu untuk mengedukasi pemilih pemula. Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan, edukasi dan sosialisasi kepada pemilih, memang dilakukan secara terstruktur, masif dan sistematis. Terutama, untuk kalangan pemilih pemula.

Menurut Joko, potensi pemilih pemula di Jawa Tengah saat Pilgub dan Pilkada Serentak 2018 yang dilakukan bersamaan di tujuh kabupaten/kota cukup banyak. Sehingga, model-model pengenalan tentang pesta demokrasi terus dilakukan.

Salah satu cara mengenalkan pesta demokrasi kepada generasi muda atau pemilih pemula, dengan mendirikan Rumah Pintar Pemilu di 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah. Para pemilih pemula bisa mencari tahu tentang sistematika dan tahapan pemilu, baik yang ada di kabupaten/kota atau di provinsi.

“Sekalipun ada beberapa yang direhab, itu juga belum kita resmikan, tapi setidaknya ada tempat untuk pemilih pemula mencari informasi tentang pemilu,” kata Joko, Selasa (31/10/2017).

Selain mendirikan Rumah Pintar Pemilu, lanjut Joko, KPU provinsi dan kabupaten/kota bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat melakukan sosialisasi kepada siswa sekolah menengah atas (SMA) sederajat yang pada 2018 sudah memiliki hak suara. Bahkan, ada sejumlah sekolah yang proses pemilihan ketua OSIS-nya menggunakan model hampir sama dengan pilkada. (bud/her)

Artikel sebelumnyaTsamara Amany Alatas: Politik itu Menentukan Masa Depan Kita
Artikel selanjutnyaOJK Dirikan Fintech Center Untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini