Meski Hujan, Proyek Pembangunan Bandara Ahmad Yani Tetap Jalan

Semarang, 92.6 FM-Proses pengerjaan bandara baru akan terus dikejar, sehingga pada Agustus 2018 mendatang Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang bisa dioperasionalkan. Artinya, kelima paket proyek pengerjaan bandara bisa dirampungkan.

Manager Teknik Proyek Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang I Ketut Aryana mengatakan, pada musim hujan sekarang ini menjadi kendala tersendiri bagi pihaknya untuk bisa menyelesaikan pengerjaan proyek tepat waktu. Memang diakuinya, hambatan dalam pengerjaan proyek pengerjaan bandara adalah hujan yang turun hampir setiap hari.

Misalnya, jelas Aryana, pengerjaan paket satu saat ini sudah mencapai 77,7 persen dan pada tahap pengurukan tanah. Padahal, untuk pengurukan dan pemadatan tanah membutuhkan terik matahari.

Namun, karena sering turun hujan mengakibatkan pengerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan sepekan terpaksa bisa selesai sebulan. Dirinya optimistis, jika proyek paket satu bisa dikerjakan sesuai jadwal.

“Paket satu ini kan pengerjaan tambahan dari proyek sebelumnya, yaitu pembuatan jalan akses. Memang diakui, kendala cuaca ini yang tidak bisa dihindari,” ujar Ketut, kemarin.

Lebih lanjut Ketut menjelaskan, di dalam pembangunan bandara baru membutuhkan anggaran hingga Rp2 triliun untuk lima paket pengerjaan. Rinciannya, paket satu nilai kontraknya mencapai Rp286,4 miliar, paket kedua berupa apron dan taxiway masing-masing Rp155,9 miliar dan Rp141,5 miliar. Kemudian paket tiga dan empat masing-masing Rp1,1 triliun dan Rp400 miliar. (Bud)

Artikel sebelumnyaRevitalisasi Kota Lama Harus Ada Campur Tangan Pemilik Bangunan Kuno, Ini Keuntungannya
Artikel selanjutnyaMembaca Lawatan Raja Salman di Indonesia
Wartawan senior Radio Idola Semarang.