Polisi Siap Amankan Tiap Tahapan Pilkada di Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Personel kepolisian di setiap polres/polresta dan polrestabes dibantu Polda Jateng akan melakukan pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Mulai dari tahapan pendaftaran calon, tahapan kampanye, tahapan pemungutan suara hingga penghitungan suara. Termasuk, ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan terpilih.

Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono secara tegas menyatakan, jajarannya akan mengamankan setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 mendatang di wilayahnya. Baik pemilihan gubernur/wakil gubernur atau pemilihan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Menurut Condro, dari setiap tahapan pilkada itu yang mendapat penjagaan dan pengamanan intensif dari kepolisian adalah pergeseran logistik pilkada, kampanye, pemungutan suara dan juga penghitungan suara. Karena, tingkat kerawanannya lebih tinggi.

“Pilkada 2018 seluruh personel Polda Jateng, baik kesatuan reserse dan Brimob sekalipun akan dilibatkan dalam Operasi Mantap Praja. Kemudian, kita mengkuti dinamika dari tahapan-tahapan yang telah ditetapkan KPU. Nanti, tentunya frekuensi pengamanan akan lebih tinggi pada saat memasuki masa-masa kampanye dan pergeseran kota suara serta logistik pemilu dan pencoblosan. Dan yang lebih penting lagi, pada saat penghitungan suara,” kata Condro.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, setiap daerah yang menggelar pilkada akan mendapat pemantauan dari pihak kepolisian. Jajarannya juga akan bekerjasama dengan instansi samping, yakni TNI, untuk bersama mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah.(Bud)

Artikel sebelumnyaNonot Harsono Kunjungi Radio Idola Semarang
Artikel selanjutnyaJamin Validasi DPT Pilkada 2018, KPU Gelar Uji Publik DPS