Satlantas Polrestabes Semarang Gencarkan Operasi Zebra Candi 2017 di Hari Terakhir

Semarang, Idola 92.6 FM – Pada hari terakhir Operasi Zebra 2017, jajaran Satlantas Polrestabes dibantu petugas Dinas Perhubungan dan aparat TNI menggelar razia kendaraan di Jalan Pandanaran dan kawasan Taman Menteri Supeno, Selasa (14/11). Tidak kurang dari seratusan pengendara kendaraan terjaring Operasi Zebra Candi 2017. Termasuk, dua kendaraan berpelat merah ikut terjaring razia karena kelengkapan kendaraan tidak memenuhi standar dan memakai strobo yang tidak sesuai peruntukkannya.

Wakasat Lantas Polrestabes Semarang Kompol Sumiarta yang memimpin razia mengatakan kali pertama digelar Operasi Zebra Candi 2017, pihaknya menargetkan surat tilang yang dikeluarkan sebanyak 7.856 lembar. Namun, hingga 13 hari pelaksanaan di lapangan melebihi target yang ditetapkan sebanyak 1.755 surat tilang. Hal itu mengindikasikan, jika kesadaran masyarakat dalam berlalulintas masih rendah.

Sepanjang menggelar operasi, jelasnya, sudah dikeluarkan 8.351 surat tilang. Surat tilang diberikan kepada para pelanggar lalu lintas, mulai dari tidak membawa surat-surat kendaraan sampai pelanggaran berpotensi kecelakaan lalu lintas.

Oleh karenanya, pada hari terakhir pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2017, pihaknya secara gencar memaksimalkan razia kendaraan di sejumlah ruas jalan di Kota Semarang. Termasuk, di jalan-jalan yang dikategorikan rawan kecelakaan lalu lintas karena pelanggaran melawan arah.

“Selama 13 hari kemarin, sudah ada 8.351 surat tilang yang kami keluarkan untuk pelanggar lalu lintas. Surat tilang itu diberikan kepada masyarakat pelanggar lalu lintas. Kalau mau bayar lewat bank, maka kami berikan nomor BRIVA atau jika mengikuti sidang tilang bayarnya Jumat besok,” kata Sumiarta.

Nantinya, lanjut Sumiarta, setelah Operasi Zebra Candi 2017 usai digelar akan dilakukan evaluasi mengenai pelaksanaannya. Sehingga, pada pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2017 mendatang masyarakat sudah mulai sadar dan tertib berlalulintas. (bud)

Artikel sebelumnyaTantangan Ilmu Pendidikan Berwawasan Pancasila di Tengah Tranformasi Besar Menuju Masyarakat Komunikasi Lintas Batas
Artikel selanjutnyaWarga Demak Disandera di Papua, Polda Jateng Sudah Koordinasi Dengan Polisi Setempat