Gelar Festival Cheng Ho, Bidik 1.300 Wisatawan

Semarang, Idola 92.6 FM – Besok Festival Cheng Ho kembali digelar, mulai 9-19 Agustus 2018. Festival Cheng Ho digelar, sebagai peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho atau Sam Poo Kong di Semarang.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah Ida Bagus Ketut Alamsyah mengatakan Festival Cheng Ho menjadi salah satu wisata tradisi tahunan, yang sekarang menjadi unggulan di provinsi ini. Bahkan, Festival Cheng Ho sudah masuk dalam 100 kalender event di Kementerian Pariwisata.

Melalui Festival Cheng Ho, jelas Ida, maka wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Jateng akan mengalami kenaikan. Karena, selama kegiatan ditargetkan bisa mengundang kurang lebih 1.300 wisatawan.

“Kami ditargetkan Kemenpar itu jumlah wisatawan yang datang sampai 2019 adalah dua juta wisatawan mancanegara, dan Jawa Tengah diberi jatah 1,2 juta wisatawan mancanegara. Saat ini, di Jawa Tengah di 2017 baru tercapai 780 ribu wisatawan mancanegara. Mudah-mudahan sampai 2018 nanti, satu juta wisatawan mancanegara kami dapatkan,” kata Ida, Rabu (8/8).

Sementara itu, Manager Operasional Kelenteng Sam Poo Kong Anandita Rinaldie menambahkan, Festival Cheng Ho akan diisi dengan berbagai hiburan. Salah satunya adalah mengarak patung Cheng Ho dari Kelenteng Tay Kak Sie, ke Kelenteng Sam Poo Kong. Rencananya, akan ada lima patung Cheng Ho yang akan dikirab.

“Ini merupakan ritual tahunan dan sudah menjadi budaya, terutama untuk teman-teman Tionghoa di Kota Semarang. Kegiatan ini rutin setiap tahun mengarak patung Dewa Cheng Ho, yang kebetulan di Semarang itu ada di dua kelenteng,” ucapnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJual Air Zam-zam Palsu, Dua Warga Batang Ditangkap Polda Jateng
Artikel selanjutnyaDinkes Jateng Siap Percepat Pencapaian RPJMD 2018

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini