Pelabuhan Tanjung Emas Siapkan 10 Armada Kapal Laut Layani Libur Nataru

Sejumlah calon penumpang naik ke KM Dharma Rucitra di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa (18/12).

Semarang, Idola 92.6 FM – Kasatgas Posko Angkutan Laut Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Prihartanta mengatakan memasuki libur akhir tahun yang berbarengan dengan liburan sekolah, biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk pergi liburan. Salah satu armada transportasi yang diminati masyarakat adalah kapal laut, karena masih dipandang sebagai alat transportasi aman.

Pihaknya, jelas Prihartanta, siap melayani para pemudik yang akan liburan dengan menggunakan kapal laut. Hal itu juga dilakukan, untuk mengatasi adanya kenaikan jumlah penumpang.

Menurutnya, untuk persiapan teknis pengangkutan penumpang sudah tersedia 10 armada kapal laut guna melayani masyarakat. Total kapasitas penumpangnya, bisa mencapai 5.700 orang.

Prihartanta menjelaskan, meski libur akhir tahun berbarengan dengan liburan sekolah, namun perkiraannya jumlah penumpang tidak sebanyak saat libur Lebaran.

“Memang dari jauh-jauh hari sudah kita persiapkan seperti tahun-tahun sebelumnya. Dari berbagai manacam armada, mulai dari Pelni, Dinas Perhubungan, ASDP dan maskapai pelayaran swasta. Totalnya ada 10 armada. Kalau kita lihat dari 2017-2018, kemungkinan menurun persentasenya sekitar 3,9 persen sampai lima persen,” kata Prihartanta, Selasa (18/12).

Sementara, GM Operasional dan Komersial Pelindo 3 Hardianto menambahkan, guna mengantisipasi banjir rob di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, maka dilakukan upaya penanggulan. Termasuk juga, dengan menyiagakan sejumlah personel dan pompa penyedot.

“Antisipasi rob dengan membuat tanggul, utamanya di Kalibaru itu ditanggul. Ke depannya, Pelabuhan Samudera dan Nusantra akan ditanggul. Mudah-mudahan prediksi kami benar, kalau berkaitan dengan air pasang air tidak akan masuk ke pelabuhan atau terminal penumpang,” ucap Hardianto. (Bud)

Artikel sebelumnyaKPU Jateng Pastikan Kotak Suara Karton dan Logistik Pemilu 2019 Sudah Terdistribusi
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Ajak Kabupaten/kota Bisa Manfaatkan Dana Baznas Untuk Kepentingan Pembangunan Masyarakat

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini