Pemkab Demak dan BPJS Kesehatan Teken MoU Komitmen UHC 2019

Demak, Idola 92.6 FM – Bupati Demak M. Natsir berupaya mewujudkan visi dan misi Presiden Joko Widodo membangun kesehatan yang komprehensif, berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Menurutnya, Pemkab Demak siap menyukseskan program Universal Health Coverage (UHC) 2019 pada Maret tahun ini. Pernyataan itu dikatakan M. Natsir di sela penandatangan kesepakatan bersama dengan BPJS Kesehatan di pendapa, Sabtu (20/1).

Menurut Natsir, pemkab siap mendukung program JKN KIS menuju cakupan semesta di tahun depan. Karena, berdasarkan data dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Semarang sampai saat ini masih ada 44.521 jiwa belum terjangkau program JKN-KIS.

Oleh karena itu, untuk mencapai 95 persen dari seluruh jumlah penduduk, Pemkab Demak berkomitmen mewujudkan secara bertahap paling lambat 1 Maret 2018.

“Upaya untuk mendukung UHC selain penambahan jumlah peserta yang kami biayai, saya juga telah memerintahkan 13 OPD terkait UHC menyatakan komitmennya,” kata Natsir.

Sementara, Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan menambahkan, saat ini di Indonesia baru ada tiga provinsi yang sudah mewujudkan program UHC. Provinsi Jateng merupakan provinsi yang telah menyatakan siap untuk mewujudkan UHC sebelum 2019 mendatang.

“Saya dengar juga rumah sakit milik pemerintah sudah kelas B. Apabila pelayanan yang ada di Demak baik, maka bisa berobat ke fasilitas kesehatan yang ada di Demak,” ujarnya.

Lebih lanjut Andayani menjelaskan, dengan kerja sama dan sinergitas yang dibangun Pemkab Demak, diharapkan bisa meningkatkan kesehatan masyarakatnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKPU Jateng Lakukan Coklit Serentak Hari Ini
Artikel selanjutnyaBagaimana Menekan Balas Budi Politik Dalam Pengalangan Dana Yang Dilakukan oleh Parpol