Puncak Arus Balik, Bandara Internasional Ahmad Yani Layani 19.500 Pemudik

Semarang, Idola 92.6 FM-Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan dari 36 bandara yang ada di Indonesia, selama masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang paling tinggi jumlah kenaikan pemudik. Yakni mencapai 25 persen bila dibandingkan Lebaran sebelumnya.

Menurut Agus, secara nasional dari seluruh bandara yang ada di Tanah Air, kenaikan jumlah pemudik berkisar antara 10 persen saja. Sedangkan bandara di Kota Semarang, jumlah kenaikan pemudik bisa mencapai 25 persen.

Agus menjelaskan, pada masa Lebaran tahun ini terlayani 5,8 juta pemudik yang pulang ke kampung halaman menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Sedangkan untuk Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, tercatat puncak arus balik terjadi pada H+4 kemarin.

“Sekarang ini puncak baliknya terjadi pada H+4 Lebaran kemarin. Dalam sehari saja, ada 19.500 penumpang yang diantar balik ke tempat asal masing-masing, dan melibatkan 150 pesawat. Ini merupakan kenaikan yang cukup signifikan, karena tahun lalu hanya 105 pesawat. Jadi, penumpang mudik di Kota Semarang 25 persen lebih kenaikannya bila dibanding bandara lain,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, kenaikan jumlah pemudik yang melalui Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang itu tidak lepas karena hampir rampungnya proyek infrastruktur penerbangan di Semarang. Bahkan, dengan dioperasikan sebelum Lebaran membuat pelayanan kepada pemudik lebih maksimal.

“Dengan adanya perbaikan infrastruktur penerbangan, dampaknya cukup signifikan. Yaitu naiknya jumlah penumpang,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertamina MOR IV Capai Penjualan BBM 1.720 KL Selama Lebaran
Artikel selanjutnyaLes Lions de la Teranga vs The Blue Samurai

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini