Silakan Mampir, Ada 195 Posko Kesehatan Milik Dinkes Jateng Bisa Dimanfaatkan Pemudik

Semarang, Idola 92.6 FM – Sebanyak 195 posko kesehatan yang didirikan Dinas Kesehatan Jawa Tengah di sepanjang jalur mudik, dan bisa dimanfaatkan pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo mengatakan posko kesehatan itu, disebar ke sejumlah titik. Terutama, di jalan-jalan yang dilalui pemudik. Baik jalan tol operasional dan fungsional serta jalan reguler di jalur pantura, selatan dan tengah.

Yulianto menjelaskan, dari 195 posko kesehatan yang didirikan itu, 30 posko di antaranya berada di jalan tol operasional dan fungsional. Selain itu, posko kesehatan juga didirikan di sejumlah titik rawan kemacetan di ruas tol fungsional.

Yulianto mengimbau kepada pemudik yang melintas di Jateng, agar bisa memanfaatkan rest area yang disediakan. Baik milik Dinkes Jateng maupun instansi atau lembaga lainnya. Tujuannya, agar tidak lelah saat menempuh perjalanan jauh.

“Kita ini menyiapkan tidak hanya di jalan tol saja, tapi juga di jalan pantura, jalur tengah dan selatan. Di luar jalan tol yang sudah operasional dan fungsional, kita sudah siapkan 195 posko kesehatan di semua jalur mudik. Yang disiapkan di posko kesehatan di jalan tol fungsional sama, standarnya sama. Ada dokter, ada paramedis, mobil ambulan dan sopirny plus obat-obatan,” kata Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, selain mendirikan posko kesehatan, pihaknya juga menyiapkan 136 rumah sakit yang tersebar di jalur mudik. Baik rumah sakit swasta maupun negeri, sehingga siap melayani para pemudik. Serta, masih ditambah 154 puskesmas yang melayani rawat jalan atau unit gawat darurat (UGD). (Bud)

Artikel sebelumnyaSoal Bupati Purbalingga OTT KPK, Plt Gubernur Minta Pemkab Tetap Jalankan Pelayanan Publik Tanpa Gangguan
Artikel selanjutnyaTerancam RKUHP, Bagaimana Menyelamatkan KPK dari Pelemahan