16 Orang Wakili Jateng di Seleknas ASEAN Skill Competition

Kepala Dinakertrans Jateng Wika Bintang (paling kanan) berfoto bersama dengan peserta seleknas ASEAN Skill Competition.

Semarang, Idola 92.6 FM – Sebanyak 16 orang mengikuti seleksi nasional (seleknas) ASEAN Skill Competition di Jakarta, pada Agustus 2019 mendatang. Ke-16 orang itu sebelumnya sudah dinyatakan lolos seleksi daerah (selekda) tingkat provinsi yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Tengah.

Kepala Dinakertrans Jateng Wika Bintang mengatakan ASEAN Skill Competition merupakan ajang mempromosikan pengembangan lembanga pendidikan kejuruan dan pelatihan kerja, untuk meningkatkan profesionalisme bagi angkatan kerja muda di negara-negara anggota ASEAN.

Menurutnya, dari delapan kejuruan yang diujikan itu lima di antaranya merupakan kejuruan baru. Yakni kejuruan fashion technology, beauty therapy, hair dressing, mechanical engineering CAD, refrigeration and air conditioning.

“Kompetisi keterampilan di tingkat ASEAN, yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Ini adalah ajang untuk meningkatkan kualitas keterampilan, bagi pemuda-pemuda atau tenaga kerja muda di kawasan ASEAN. Untuk tahun ini, Jawa Tengah dalam upaya untuk seleksi daerah kita mendapatkan kesempatan ikut serta di delapan kejuruan. Dan lima di antaranya itu masih baru,” kata Wika, Rabu (26/6).

Wika lebih lanjut menjelaskan, bagi peserta yang dinyatakan lolos seleknas akan mengikuti seleksi lagi di Singapura pada Juli 2020.

“Tahun sebelumnya dari Jawa Tengah ada tujuh peserta yang ikut ASEAN Skill Competition, dan mendapat dua emas, dua perak dan satu perunggu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMemperbaiki Distribusi dan Tata Kelola Guru di Tengah Penerapan Sistem Zonasi PPDB
Artikel selanjutnyaSistem Zonasi Terus Diperbaiki di PPDB Mendatang

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini