Akhirnya, Bandara Ahmad Yani Buka Penerbangan Langsung ke Jeddah

Pesawat Citilink tipe Airbus A320 siap melayani penerbangan dari Semarang ke Jeddah langsung.
Pesawat Citilink tipe Airbus A320 siap melayani penerbangan dari Semarang ke Jeddah langsung.

Semarang, Idola 92.6 FM – Cukup banyaknya aktivitas umrah yang dilakukan warga Semarang dan sekitarnya, membuat PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani membuka jalur penerbangan langsung dari Semarang ke Jeddah. Salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute Semarang-Jeddah, adalah Citilink Indonesia dengan transit terlebih dulu di India mengisi bahan bakar.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto mengatakan penerbangan dari Semarang-Jedaah itu menggunakan pesawat jenis Airbus A320 dan mampu mengangkut 174 penumpang.

Menurutnya, charter flight untuk penerbangan umrah ini merupakan langkah awal pihaknya menambah rute penerbangan internasional.

“Tentu saja, ini bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat Jawa Tengah dalam melaksanakan ibadah umrah. Sehingga, masyarakat di Semarang dan sekitarnya tidak perlu ke Jakarta dulu jika akan berangkat umrah,” kata Hardi, kemarin.

Pemprov Jawa Tengah memberi apresiasi, dengan dibukanya rute penerbangan langsung Semarang-Jeddah. Mengingat, banyaknya biro perjalanan umrah maupun haji yang setiap tahun membawa ratusan jamaah ke Tanah Suci.

Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan dengan dibukanya penerbangan langsung Semarang-Jeddah itu, akan membuat tingkat kunjungan wisatawan ikut terdongkrak. Khususnya, wisatawan dari Timur Tengah ke Jateng. Sehingga, setiap kabupaten/kota di Jateng dan Kota Semarang khususnya untuk berbenah menyambut kedatangan wisatawan asing dari Timur Tengah.

“Ketika Semarang sudah mulai berbenah, bandaranya bagus, memang kita harapkan ada beberapa direct flight yang bisa mengangkat citra Jawa Tengah lebih baik. Kita harapkan, apakah itu untuk kepentingan ibadah atau pariwisata maka kita sangat mendorong untuk banyak yang bisa dibuka. Dan umroh memang potensi-potensi yang bisa kita dorong, sebenarnya penyedia jasa dalam hal ini airline pasti akan dapat keuntungan lebih. Sebab, banyak penyelenggara ibadah umroh dan haji itu dari Semarang dan sekitarnya,” ucap Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan dibukanya rute perjalanan Semarang-Jeddah akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Jateng. (Bud)

Artikel sebelumnyaBulog Jateng Gelar Operasi Pasar Beras Sebesar 30 Ton Lebih
Artikel selanjutnyaDinas ESDM Jateng Siap Ajak Pengusaha Pakai B30

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini