Data Kendaraan Dinas, Pemprov Jateng Buat Aplikasi Sikendi

Kendaraan dinas milik Pemprov Jateng terparkir rapi saat Lebaran.

Semarang, Idola 92.6 FM – Pelayanan yang transparan kepada masyarakat sangat dijunjung Pemprov Jawa Tengah, agar tidak ada persoalan atau kasus yang ditutupi. Termasuk, bagaimana mengelola kendaraan dinas dipakai sesuai peruntukkannya.

Kepala Biro Umum Pemprov Jateng Edy Supriyanta mengatakan guna meningkatkan pelayanan pemprov kepada masyarakat, pihaknya meluncurkan aplikasi Sikendi. Aplikasi itu juga berguna, untuk menginventarisasi kendaraan dinas yang ada di lingkungan Pemprov Jateng.

Edy menjelaskan, aplikasi Sikendi diluncurkan untuk memudahkan pengelolaan kendaraan dinas. Termasuk, masyarakat juga bisa memantau keberadaan kendaraan itu saat menjumpai di lapangan atau di jalan.

Menurutnya, aplikasi Sikendi akan memberikan informasi kepada masyarakat tentang identitas dari pembawa kendaraan dinas tersebut. Karena, semuanya sudah tercatat dalam aplikasi Sikendi.

“Kami sebagai Biro Umum Pemprov Jawa Tengah, sudah menyiapkan dan membangun aplikasi untuk kemudahan masyarakat ataupun instansi dalam rangka pengelolaan kendaraan dinas. Kami menyebut aplikasinya itu dengan Sikendi, Sistem Informasi Layanan Pengelolaan Kendaraan Dinas di Pemprov Jawa Tengah. Sikendi ini membantu masyarakat untuk mengetahui data kendaraan, baik dalam hal perawatan maupun pembayaran pajak. Sekaligus, sampai di mana kendaraan tersebut digunakan,” kata Edy, Selasa (15/10).

Edy lebih lanjut menjelaskan, sudah terintegrasi dengan layanan Biro Umum Setda Jateng. Masyarakat juga bisa meminjam kendaraan dinas milik pemprov khusus untuk bus pegawai, dan tidak dipungut biaya alias gratis.

“Yang bisa dipinjam mobil tertentu saja, misalnya bus pegawai. Persis ketika masyarakat meminjam gedung atau halaman kantor, masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi itu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDensus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Artikel selanjutnyaUpaya Apa yang Mesti Dilakukan agar Keberadaan Palapa Ring Betul-betul Terasa Nyata Kegunaannya bagi Warga?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini