Diare Jadi Penyakit Yang Paling Sering Diderita Pemudik

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kepada para pemudik untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, agar tidak mudah terserang penyakit. Terutama adalah diare.

- Advertisement -

Menurutnya, diare bisa menimpa siapa saja yang tidak mampu menjaga kebersihan dan kesehatan.

Nila menjelaskan, pada saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman atau balik ke tempat asal harus selalu menjaga kebersihan. Terutama, untuk selalu rutin cuci tangan sebelum makan. Sehingga bisa terhindar dari diare.

“Penyakit yang terbanyak adalah diare, itu kayak penyakit yang biasa diidap pemudik saat Lebaran. Karena itu, kami mengimbau untuk jaga kesehatan. Saya tidak melarang membeli makanan atau kuliner di pinggir jalan, tapi tetap jaga kebersihan. Cuci tangan sebelum makan. Tadi saya juga lihat di sepanjang jalan, masih banyak yang buang sampah sembarangan. Tolong dong, dari diri kita mulai jaga kebersihan,” kata Nila, Sabtu (8/6) petang.

Lebih lanjut Nila menjelaskan, meski belum berakhir untuk masa arus mudik dan balik Lebaran ini, namun dirinya tetap meminta masyarakat menjaga kesehatannya.

“Yang hari Senin sudah masuk kerja juga harus fit, jangan pas mau kerja alasan sakit. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, dan jangan lupa tetap jaga kesehatan,” jelasnya.

Nila juga meminta masyarakat bisa memanfaatkan posko kesehatan yang telah disediakan dari Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan setempat. Tujuannya, untuk memeriksakan kesehatan jika merasa kurang enak badan.

“Jangan memaksakan kalau kondisi badan tidak fit atau tidak sehat,” pungkasnya. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini