Dinkes Boyolali Tingkatkan Program Germas Untuk Capai Target PHBS

Semarang, Idola 92.6 FM – Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), bisa dimulai dengan hal sederhana. Yakni cuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Kepala Dinas Kesehatan Boyolali Ratri S Survivalina mengatakan PHBS harus dilakukan semua warga, agar derajat kesehatan masyarakat bisa meningkat.

Namun, jelas Ratri, PHBS di Boyolali masih belum bisa dikatakan maksimal. Sebab, ada beberapa capaian dari PHBS pencapaiannya masih rendah.

Sehingga, lanjut Ratri, melalui upaya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) pihaknya berupaya mengajak masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat.

“Adanya perilaku hidup bersih dan sehat yang belum dijalankan secara maksimal, ini menjadi catatan kami. Di Boyolali ada tiga capaian PHBS yang rendah, yaitu capaian untuk perokok, ASI eksklusif dan JKN. Oleh karena itu, kami terus menggelar dan menyelenggarakan roadshow Germas, agar bisa diterima masyarakat,” kata Ratri belum lama ini.

Lebih lanjut Ratri menjelaskan, program Germas menjadi salah satu upaya untuk peningkatan capaian PHBS. Oleh karena itu, program Germas di Boyolali dibranding habis-habisan.

“Harapannya, program Germas di Boyolali bisa berjalan dengan baik. Kami kolaborasikan dengan program Sukmadesi dan Sukmakoboi, dan para kader kesehatan kami beri tugas sebagai pelopor Germas di masyarakat,” tandasnya. (Bud)