Ganjar Minta di Sam Poo Kong Ada Masjid Sebagai Spirit Pluralisme

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemprov Jawa Tengah mendorong pengurus Kelenteng Sam Poo Kong, untuk membangun masjid sebagai wujud pluralisme. Hal itu merujuk Kelenteng Sam Poo Kong sebagai obyek wisata religi yang cukup besar di Jateng, dan mampu menyedot perhatian wisatawan domestik dan mancanegara.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan pihak pengelola Kelenteng Sam Poo Kong sudah diminta, untuk menyiapkan satu tempat dibangunkan sebuah masjid. Sebab, Laksamana Cheng Ho dan juga mualim yang dimakamkan di kompleks Kelenteng Sam Poo Kong merupakan muslim. Sehingga, pengunjung yang datang bisa mengetahui sejarah perjalanan dari Cheng Ho.

Menurutnya, dengan dibangunnya masjid di kompleks Kelenteng Sam Poo Kong, maka bisa menjadi wujud dari spirit pluralisme dan menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika.

Oleh karena itu, bangunan yang saat ini sebagai musala bisa ditingkatkan lagi menjadi masjid dengan bangunan lebih baik lagi.

“Sekarang saya lagi mendorong ke pengelola, agar satu tempat di situ ada mualim dan sering orang salat di situ. Jadi, karena Ceng Ho muslim dan mualimnya juga muslim, kita kepengen itu dijadikan masjid. Sehingga, orang akan datang dengan spirit pluralisme yang tinggi dan dari sisi kesejarahannya semua akan mengerti sejarah perjalanan Ceng Ho dan pendirian Sam Po Kong ini. Jadi, masyarakat akan bisa mendapatkan banyak nuansa-nuasa yang hebat,” kata Ganjar, Selasa (5/2) kemarin.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pengelola Kelenteng Sam Poo Kong juga diminta bisa menjaga kebersihan dan membuat agenda wisata yang menarik. Baik jelas nasional maupun dunia, dengan menghadirkan artis ibukota atau luar negeri.

“Tempatnya ini sangat memenuhi, dan saya yakin bisa untuk menyelenggarakan event berskala nasional atau internasional. Dan jangan lupa, souvenirnya juga diperbanyak dan kulinernya diperkaya tapi harganya jangan ngepruk,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenakar RUU Permusikan, Apakah akan Memajukan atau Justru akan Menjadi Lonceng Kematian bagi Kreativitas Industri Musik di Indonesia?
Artikel selanjutnyaAncaman Banjir, KPU Ingatkan Untuk Cari Gudang Yang Aman

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini