HUT KE-72 Koperasi Nasional Bertema Milenial Kekinian

Moch. Sukri, Sekjen Dekopin.

Semarang, Idola 92.6 FM – Sekretaris Jenderal Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Mohammad Sukri mengatakan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 akan diadakan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas pada 12 Juli 2019 dan dihadiri Presiden Joko Widodo. Peringatan Hari Koperasi Nasional tahun ini akan menjadi awal bagi koperasi, untuk lebih dekat lagi kepada masyarakat.

Pada tahun ini, jelas Sukri, peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 mengangkat tema “Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0”. Sebab, koperasi bukan perusahaan yang tertinggal tetapi koperasi sudah akrab dengan teknologi industri dan digital teknologi.

Menurutnya, pergeseran paradigma tentang koperasi akan dilihat dalam peringatan Hari Koperasi Nasional tahun ini.

Sukri menjelaskan, yang paling bisa dirasakan adalah hadirnya aplikasi My Coop dan bisa diunduh masing-masing peserta dari Papua hingga Aceh. Aplikasi itu akan memberi kemudahan bagi peserta dalam mencari destinasi wisata, hotel dan lokasi menuju peringatan berlangsung.

Bahkan, lanjut Sukri, peringatan Hari Koperasi Nasional akan menjadi satu-satunya peringatan hari nasional yang ramah lingkungan. Yakni, tidak menggunakan kertas panduan bagi peserta dan tidak memakai plastik.

“Melalui peringatan Hari Koperasi ke-72 di Banyumas itu adalah mungkin baru kali pertama di Indonesia, hari nasional yang paperless dan plasticless. Maksudnya paperless apa? Informasi digital akan diterapkan dalam Hari Koperasi Nasional di Banyumas, dengan menggunakan aplikasi My Coop. Dengan My Coop ini, akan paperless,” kata Sukri saat di Semarang.

Lebih lanjut Sukri menjelaskan, peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di Purwokerto akan diupayakan ramah lingkungan. Karena, sesungguhnya koperasi sangat ramah dengan lingkungan.

“Tidak ada lagi botol minuman dari plastik yang disuguhkan kepada peserta. Bahkan, lokasi expo atau pameran juga tidak menggunakan plastik sebagai bungkus barang belanjaan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaInvestor Baru Lirik Jateng Setelah Tol Trans Jawa Nyambung
Artikel selanjutnyaDirjen Hubdar Ingin Perilaku Masyarakat Berkendara di Jalan Lebih Santun