Rp10 Miliar Disiapkan Bagi Siswa Miskin di Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Sulistyo mengatakan, sebanyak 10 ribu siswa miskin akan mendapatkan bantuan pendidikan. Pemprov sudah menyiapkan anggaran bagi siswa tidak mampu sebesar Rp10 miliar.

Menurutnya, dana tersebut disiapkan agar para siswa miskin di Jateng tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Sulistyo menjelaskan, beasiswa bagi siswa miskin itu berlaku bagi sekolah negeri dan swasta. Untuk bisa mengajukan beasiswa bagi siswa miskin, siswa melapor ke pihak sekolah dan nanti sekolah menyerahkan data siswa miskin ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng.

“Kita punya 10 ribu anak, 10 ribu anak itu dibagi untuk seribu anak SLB dan empat ribu anak SMA sera lima ribu anak SMK. Mereka akan mendapat beasiswa sebesar Rp1 juta per tahun. Itu beasiswa dari Bantuan Siswa Miskin. Tiap sekolah juga kami bantu yang namanya BOP, Bantuan Operasional Pendidikan. Besarannya sama, Rp1 juta per siswa per tahun untuk sekolah negeri. Kalau untuk yang sekolah swasta namanya BOSDA,” kata Sulistyo, belum lamanya.

Lebih lanjut Sulistyo menjelaskan, selain BSM dan BOSDA, juga masih ada beasiswa dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Jateng. Jumlahnya sebesar Rp2,4 juta per anak per tahun. (Bud)