Tak Bisa Melaut Karena Cuaca Buruk, Pemprov Bantu Kirim Beras 35 Ton Untuk Nelayan Bondo

Gubernur Ganjar Pranowo meminta masyarakat nelayan Desa Bondo, Kabupaten Jepara untuk menambah pekerjaan selain mencari ikan di saat cuaca buruk.

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pemprov mengirimkan bantuan berupa 35 ton beras, untuk nelayan di Desa Bondo, Kabupaten Jepara. Bantuan itu diberikan, karena nelayan tak bisa melaut akibat cuaca buruk hingga sebulan lamanya.

Menurutnya, masyarakat yang pekerjaannya sebagai nelayan tidak perlu khawatir kesulitan pangan saat cuaca buruk ketika melaut.

Ganjar menjelaskan, bantuan pangan berupa beras ini sifatnya hanya sementara untuk para keluarga nelayan. Namun demikian, bantuan jangka panjang akan diupayakan pemprov ketika cuaca ekstrim di laut terjadi setiap tahunnya. Salah satunya, dengan membuat kelompok nelayan yang akan memberikan pekerjaan alternatif kepada nelayan.

“Biasane dinten-dinten ngeten niki, nelayan nang omah. Bantuan saking provinsi niki wau 34 meh 35 ton beras. Dados, tenang mawon kulo cadangke terus. Pemkab nggeh wonten cadangke. Intine, bantuan-bantuan niki diaturake panjenengan, seng ora lagi ora nglaut. Penghasilanne ora enek, ben dapure ngebul. (Biasanya di hari-hari seperti ini nelayan di rumah. Bantuan dari provinsi ini tadi 34 hampir 35 ton beras. Jadi tenang saja, saya akan cadangkan terus. Pemkab juga sudah mencadangkan. Intinya, bantuan-bantuan ini diberikan kepada nelayan yang tidak bisa melaut karena penghasilannya tidak ada. Jadi, dapurnya tetap bisa untuk masak),” kata Ganjar saat kunjungan ke Jepara.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, masyarakat nelayan tidak perlu beralih pekerjaan, namun bisa menambah pekerjaan sampingan. Misalnya dengan beternak, membuat kerajinan UMKM maupun pemberdayaan potensi pariwisata bahari.

“Inginnya bikin apa, silakan bilang ke pemerintah. Tolong pak bupati sedulur-sedulur nelayan ini ditemani,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKPU Jateng Minimalkan Potensi Surat Suara Tertukar di Pemilu 2019
Artikel selanjutnyaPLN Siap Kembangkan Obyek Wisata Lolong Jadi Wisata Binaan Lewat Festival Durian

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini