Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas, Pekan Depan Polda Jateng Gelar Operasi Zebra Candi 2019

Kombes Pol Rudy Antariksawan
Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Rudy Antariksawan.

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam rangka meningkatkan disiplin berlalu lintas bagi masyarakat, Polda Jawa Tengah akan menggelar Operasi Zebra Candi 2019 pekan depan.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Antariksawan mengatakan pada saat digelar Operasi Zebra Candi 2019, diharapkan masyarakat tidak melakukan pelanggaran saat berkendara. Terlebih lagi, pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

Rudy menjelaskan, para pengendara juga diminta selalu melengkapi dengan surat-surat kendaraan saat akan bepergian. Terutama, kelengkapan STNK dan SIM.

Menurutnya, target dari Operasi Zebra Candi 2019 adalah kelengkapan kendaraan dan kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor.

“Dalam pelaksanaan operasi zebra nanti, masyarakat para pengguna jalan lebih disiplin berlalu lintas. Kita lihat bahwa di Jawa Tengah, juga angka laka lantas masih cukup tinggi. Setiap hari, rata-rata ada 8-10 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah. Sehingga, nanti kita sama-sama mulai dari usia dini untuk disiplin berlalu lintas,” kata Rudy, Kamis (17/10).

Lebih lanjut Rudy menjelaskan, sejak Januari-September 2019 terjadi kasus kecelakaan lalu lintas sebanyak 19.261 kejadian. Terjadi kenaikan sebesar 45 persen, bila dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 13.270 kecelakaan lalu lintas.

“Kita butuh kedisiplinan dari masyarakat dalam berlalu lintas, untuk menekan angka kecelakaan. Ini tugas bersama, dan masyarakat ikut terlibat di dalamnya,” jelasnya.

Diketahui, mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019 Korlantas Polri menggelar Operasi Zebra serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan itu berlangsung, untuk memberikan kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman hingga akhir tahun. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenaker Sebut Draf Revisi UU Ketenagakerjaan Belum Disusun
Artikel selanjutnyaSemarang Pusat Pulau Jawa

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini