Angka Kejahatan Di Jateng Menurun di Tengah Pandemi

Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Kabid Humas Polda Jateng

Semarang, Idola 92,6 FM-Selama wabah COVID-19 melanda wilayah Indonesia pada umumnya dan Jawa Tengah pada khususnya, berpengaruh pada penurunan angka kejahatan. Polda Jateng mencatat, terjadi penurunan angka sejumlah kejahatan hingga hampir 50 persen.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan tingkat kriminalitas selama masa wabah COVID-19 ini, terjadi penurunan jika dibanding situasi normal. Biasanya di Jateng, terdapat 25-30 laporan kejadian kriminalitas setiap harinya.

Iskandar menyebutkan, selama pandemi ini tingkat angka kriminalitas di Jateng per laporan kejadiannya turun 15-20 per hari. Dari laporan kejadian kriminalitas yang paling banyak kasus pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan pencurian kendaraan bermotor.

Menurutnya, Polda Jateng belum melakukan analisa mendalam terkait dengan turunnya angka kriminalitas selama masa pandemi ini.

“Untuk situasi kamtibmas yang terjadi sekarang, di Jawa Tengah kami lihat angka kejahatan secara keseluruhan semakin menurun. Beda dengan wilayah lain yang meningkat, kalau Jawa Tengah ini menurun dari bulan ke bulan dan minggu ke minggu. Jadi, kesiapan dari jajaran TNI/Polri betul-betul sigap melaksanakan perintah dari kapolda dan pangdam sampai ke jajaran paling bawah,” kata Iskandar, Kamis (4/5).

Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, penurunan angka kejahatan di tengah pandemi ini bisa jadi karena peran serta masyarakat dalam membantu pihak kepolisian menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing.

“Kita ketahui bersama, banyak wilayah atau kampung yang di masa pandemi COVID-19 ini melakukan penutupan akses jalan. Sehingga, hal ini bisa jadi menyulitkan pelaku kejahatan untuk beraksi,” pungkasnya. (Budi Aris)

Artikel sebelumnyaMUI Jateng Izinkan Masjid di Zona Hijau Buka Kembali  
Artikel selanjutnyaPemprov Dorong Pengusaha se-Jateng Atur Ritme Kerja di Masa Pandemi  

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini