BPS Kota Semarang Siap Beri Data Potensi Desa Jika Pemekaran Wilayah Jadi Dilakukan

Erisman
Erisman, Kepala BPS Kota Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Wacana Pemkot Semarang melakukan pemekaran wilayah, karena ada beberapa wilayah memang dirasakan cukup padat penduduknya. Hal itu terjadi, karena pesatnya pembangunan di daerah tersebut.

Kepala BPS Kota Semarang Erisman menjelaskan, daerah-daerah yang luas dan dengan jumlah penduduk banyak memang masih dimungkinkan dilakukan pemekaran wilayah.

Erisman menjelaskan, memang diakui ada beberapa wilayah kelurahan maupun kecamatan yang cukup gemuk atau padat penduduknya. Misalnya di Kecamatan Pedurungan, Tugu, Tembalang dan Mijen.

“BPS hanya memberikan data dan informasi, yang bisa digunakan sebagai acuan untuk melakukan pemekaran. Kita juga punya data yang cukup bagus berkaitan, dengan wacana pemekaran wilayah Kota Semarang. Kita punya yang namanya data potensi desa. Di dalam data potensi desa itu, indikatornya sangat komplit dari berbagai aspek. Baik dari segi demografinya, sosial ekonomi, lingkungan dan sebagainya,” kata Erisman, Kamis (5/3).

Lebih lanjut Erisman menjelaskan, Pemkot Semarang juga bisa menyandingkan dengan data sektoral dan data khusus di dalam rangka mewujudkan pemekaran wilayah.

“Kan ada data dasar yang dimiliki BPS, data sektoral dari pemda dan data khusus yang dibuat kelompok masyarakat. Setelah data dikompilasi dan disandingkan, bisa nanti dipaparkan dalam sebuah diskusi publik,” tandasnya. (Bud)