Dinperindag Jateng Terus Dorong Kabupaten/kota Berdayakan Produk Lokal Unggulan

Arif Sambodo, Kepala Dinperindag Jateng

Semarang, Idola 92,6 FM-Jawa Tengah memiliki banyak produk lokal unggulan, dan beberapa di antaranya sudah mampu menembus para internasional. Oleh karena itu, Dinperindag Jateng mendorong kabupaten/kota untuk terus menggarap potensi produk lokal menjadi unggulan.

Kepala Dinperindag Jateng Arif Sambodo mengatakan untuk bisa menembus pasar internasional, maka produk unggulan itu harus memenuhi standar mutu secara konsisten. Sehingga, mampu bersaing di pasar ekspor dunia.

Arif menjelaskan, banyak produk lokal yang sudah mendunia dan mampu menarik perhatian pembeli internasional. Satu di antaranya adalah kerajinan knalpot asal Kabupaten Purbalingga, yang telah dilirik dan bermitra dengan pabrik otomotif internasional.

“Njenengan pirso misalnya Tegal dan Purbalingga itu, meskipun tidak secara resmi dikatakan suatu one village one product tapi daerah tersebut sudah mengejawantahkan dari OVOP. Knalpot dan wig misalnya dari Purbalingga, yang merupakan produk rumahan sudah mendunia. Ketika lihat suatu daerah bisa menonjolkan produknya, dan itu menjadi trademark dia. Itu sudah menunjukkan suatu keberhasilan OVOP. Karena itu inisiasinya adalah produk-produk desa, atau produk-produk yang ada di rumah tangga,” kata Arif, belum lama ini.

Arif lebih lanjut menjelaskan, Dinperindag Jateng akan memberikan edukasi soal pemenuhan mutu produk yang dihasilkan. Tujuannya, agar mampu bersaing dengan produk sejenis dari negara lain.

“Kami juga mendorong pelaku UMKM bisa mandiri, dan tidak tergantung pemerintah. Saat ini baru ada 115 industri yang bergerak di sektor makanan minuman dan produk helm serta peralatan listrik, yang telah bersertifikat SNI,” pungkasnya. (Budi Aris)

Artikel sebelumnyaGrand Maerakaca Siapkan Spot Baru Sambut Pengunjung di New Normal  
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Akan Buat Sekolah Jarak Jauh Solusi Daerah Tak Punya Sekolah Negeri
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.