Erdefi Rakun, Membuat Aplikasi bagi Tunarungu dan Tunawicara

Erdefi Rakun
Dr Erdefi Rakun, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. (Photo: dok pribadi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Dr Erdefi Rakun, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia membuat aplikasi untuk membantu Tunarungu dan Tunawicara. Aplikasi ini lebih tepatnya adalah penerjemah gerakan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) ke teks bahasa Indonesia dan dari teks bahasa Indonesia ke animasi 3D gerakan SIBI.

Aplikasi ini dibuat Efi, panggilan akrab Erdefi Rakun, sejak cukup lama, sejak 2012. Sampai saat ini, aplikasi itu belum secara resmi keluar di Google Play. Aplikasi masih tahap uji tingkat kesiapan teknologi (TKT) di Direktorat Inovasi dan Science Techno Park UI. Saat sedang menunggu giliran pengujian TKT-6 dari prototype yang dihasilkan.

Setelah menjalani tahapan ujian dan mendapatkan sertifikat TKT-8, baru boleh dilepas ke Google Play untuk digunakan masyarakat.

Selengkapnya mengenai aplikasi khusus untuk membantu tunarungu dan tunawicara, berikut ini radio Idola Semarang dengan kreatornya, yakni Dr Erdefi Rakun, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. (her)

Berikut podcast wawancaranya:

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini