Indonesia Diprediksi Selamat dari Resesi Ekonomi Akibat Pandemi Virus Corona—Bagaimana Menjaga Peluang Itu?

Semarang, Idola 92.6 FM-Indonesia diprediksi selamat dari resesi ekonomi akibat pandemi virus corona. Prediksi diberikan mengacu kinerja di sektor kesehatan dan ekonomi Indonesia di tengah penyebaran virus corona. Prediksi disampaikan media asal Amerika Serikat Politico. Dalam risetnya, Politico memberikan ranking kepada 30 negara terkait dampak pandemi pada ekonomi.

Merujuk CNN Indonesia (02/06/20), Politico memetakan kinerja 30 negara terkemuka di dunia dengan mengelompokkannya berdasarkan hasil kinerja di sektor kesehatan dan ekonomi. Mereka menyoroti pembatasan perdagangan, pembatasan interaksi sosial ringan, sedang, atau berat setiap negara.

Dari hasil pengelompokan tersebut, mereka menyatakan Indonesia masuk dalam kategori negara yang membatasi kegiatan ekonomi dan perdagangannya secara ringan. Kebijakan Indonesia ini dianggap memungkinkan sebagian besar bisnis, kantor, dan sekolah tetap buka, walau dengan kapasitas yang berkurang.

Meski demikian, riset Politico menyebut respons Indonesia dalam menangani penyebaran Covid-19 terbilang kacau. “Indonesia berpotensi terhindar dari resesi, namun respons Indonesia terhadap virus corona pada 17 ribu pulaunya telah kacau,” tulis Politico dikutip Senin (1/6).

Lantas, bagaimana menelaah prediksi Politico tersebut? Jika melihat situasi riil yang terjadi di Indonesia saat ini bagaimana menjaga potensi itu? Mendiskusikan ini, radio Idola Semarang mewawancara Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/Wawancara-bersama-Pengamat-Ekonomi-Universitas-Indonesia–Fithra-Faisal-Hastiadi-eeueet

Artikel sebelumnyaMenjaga Kebebasan Sipil: Bagaimana Agar Pembungkaman Kebebasan Berpendapat Tak Terjadi di Kemudian Hari?
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Mewaspadai Kemunculan Gelombang Kedua COVID-19

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini