Memahami Metode Hypnosis, Inovasi  Tim Unpad untuk Kurangi Stres Akibat Pandemi

Tim peneliti hypnosis Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung

Semarang, Idola 92.6 FM-Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung  membuat inovasi metode hypnosis untuk mengurangi stress, cemas, dan rasa takut akibat pandemi Covid-19. Metode tersebut diberi nama Afirmasi Virus Corona-19.

Metode ini dikembangkan oleh tim akademisi Unpad yang tergabung dalam kelompok peneliti hypnosis. Mereka yakni Dr Gilang Yubiliana, drg, M.Kes (Fakultas Kedokteran Gigi), Dr Nani Darmayanti, M.Hum, (Fakultas Ilmu Budaya), Jimi Narotama Mahameruaji, M.Si, (Fakultas Ilmu Komunikasi), Dr Andri Abdurrochman, MT, Aulia Iskandarsyah, M.PSi, M.Sc, Ph.D, Mira Suryani, S.Pd, M. Kom, drg. Ardena Maulida Hamdani, dan Ryan Hara Permana, S. Kep. Ns, MN.

Mereka mengembangkan metode afirmasi dengan memanfaatkan media audio visual. Tujuannya agar media ini lebih efektif digunakan untuk proses hipnosis mandiri (self hypnosis) selama masa isolasi akibat pandemi berlangsung.

Inovasi itu dikembangkan melalui media audio visual yang didahului dengan pengisian formulir di laman http://injabar.unpad.ac.id/hipnosis/. Setelah mengisi formulir/ nantinya masyarakat akan diarahkan menuju tayangan audio visual hypnosis//

Menurut Dr Gilang, dengan mengikuti pola kalimat komunika hipnodontik terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kecemasan dengan biomarker kadar hormone. Analisis ini diperoleh Dr Gilang saat studi doktoralnya pada 2016 lalu.

Selengkapnya, mengenai apa itu metode Hypnosis, dan manfaat apa saja dari metode ini, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Dr Gilang Yubiliana, drg, M.Kes. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/wawancara-bersama-Dr-Gilang-Yubiliana–drg–M-Kes-eh9u7h

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Minta Dinas Pendidikan Atur Sekolah Sehat di Masa Pandemi
Artikel selanjutnyaApa Kabar Vaksin Covid-19? Sudah Sejauh Mana Perkembangannya?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini