Mengenal Akhmad Arifin, Sang Peduli Oksigen dari Banjarmasin

Akhmad Arifin, Sang Peduli Oksigen dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Semarang, Idola 92.6 FM-Mengenal Akhmad Arifin (62), Sang Peduli Oksigen, dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Arifin bertahun-tahun menjadi pemandu wisata alam serta berpetualangan hingga membuatnya mencintai alam. Sebagai bentuk kepedulian itu, ia dan temannya (alm Muhammad Mugeni) mendeklarasikan organisasi Masyarakat Peduli Pohon (MPP) Kalsel pada 17 November 2020. Organisasi ini mengusung jargon “Menanam Pohon untuk Bersedekah Oksigen.

Pada tahun 2011, Arifin dan rekannya mulai menanam bibit pinang sebanyak 4.000 batang di sejumlah titik di tepi jalan raya Banjarmasin Kota Banjarbaru dan Kabupaten Barito Kuala. Tahun berikutnya, mereka kembali menanam 4.000 bibit.

Belakangan Arifin dan kawan-kawan juga menanam pohon galam dan berbagai jenis pohon lain. Dia turun tangan dalam setiap penanaman. Biasanya ada 4-5 sukarelawan dari MPP yang terlibat. Di luar itu, Arifin mengupah orang untuk membantu penanaman. Atas dedikasi selama ini, Arifin meraih penghargaan Mitra Pembangunan Banua Peduli Satwa Bekantan dari Gubernur Kalsel (2005)

Tercatat, Arifin juga aktif dalam beberapa organisasi. Di antaranya Masyarakat Peduli Pohon (MPP) Kalsel (2010-sekarang), Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin (2013-sekarang), dan Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) Banjarmasin (2015-sekarang).

Selengkapnya, berikut ini, wawancara radio Idola Semarang dengan Akhmad Arifin, Sang Peduli Oksigen dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/wawancara-bersama-Akhmad-Arifin–Sang-Peduli-Oksigen-dari-Banjarmasin–Kalimantan-Selatan-egqbj6