Mengenal Kembali Gunung Merapi

Gunung Merapi
Gunung Merapi
Hanik Humaida
Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida. (Foto: dok Hanik)

Semarang, Idola 92.6 FM – Gunung Merapi yang berada di wilayah perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah saat ini berstatus Siaga (level III). Aktivitas Gunung Merapi dilaporkan terus meningkat sejak Kamis (5/11) lalu.

Berdasarkan data yang dimiliki Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) erupsi yang akan terjadi belum mengarah seperti saat erupsi besar Merapi pada tahun 2010. Namun/ tidak menutup juga kemungkinan adanya letusan dari erupsi Merapi tersebut.

BPPTKG terus berkoordinasi dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) yang ada di lingkar Merapi juga memberikan informasi secara rutin kepada masyarakat.

Gunung Merapi 7 Nov 2020
Penampakan Gunung Merapi pada 7 November 2020. (Photo: BMKG)

Jika erupsi terjadi, beberapa daerah di Provinsi DIY dan Jawa Tengah akan terdampak. Di antaranya, di wilayah DI Yogyakarta meliputi Kabupaten Sleman yakni Kecamatan Cangkringan meliputi Desa Glagaharjo (dusun Kalitengah Lor), Kepuharjo (Dusun Kaliadem), Umbulharjo (Dusun Pelemsari). Lalu di Jawa Tengah meliputi Magelang, Boyolali, dan Klaten. Kabupaten Magelang yakni Kecamatan Dukun meliputi Desa Ngargomulyo, Krinjing, dan Paten. Di Boyolali yakni Kecamatan Selo yang meliputi Desa Tlogolele, Klakah, dan Jrakah. Sedangkan Klaten yakni Kecamatan Kemalang meliputi Desa Tegal Mulyo, Sidorejo dan Balerante.

Selengkapnya, mengenal lebih jauh tentang Gunung Merapi berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaSeberapa Jauh Persiapan Indonesia Memasuki Era Ekonomi Berbasis Pengetahuan?
Artikel selanjutnya70 Persen Pelajar di Indonesia Ditargetkan Punya Rekening Bank

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini