Mengenal M Khoirul Soleh, Sahabat Petani dari Salaman Magelang

M Khoirul Soleh, sahabat petani dari Desa Kebonrejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang

Semarang, Idola 92.6 FM-Mengenal M Khoirul Soleh (45), sahabat petani dari Desa Kebonrejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Khoirul menekuni budidaya dan penjualan bibit tanaman sudah hampir satu decade. Kini dia  mengusahakan dua hektar kebun bibit di enam lokasi berbeda. Sebanyak 5.000 meter persegi adalah kebun miliknya. Sisanya milik petani lain yang menjadi mitra.

Khoirul membudidayakan ratusan jenis bibit tanaman mulai tanaman buah-buahan hingga tanaman herbal seperti binahong, purwaceng, dan sambungnyowo. Tidak hanya bermitra dengan para petani, Khoirul juga memberi modal kerja untuk bertani terutama kepada warga yang menganggur atau memiliki pendapatan rendah.

Khoirul juga memberikan pelatihan formal di rumahnya hingga obrolan langsung ataupun melalui telpon. Kadang ia dipanggil ke beberapa daerah untuk memberikan pelatihan. Hasilnya tak sia-sia. Ia bisa menjual bibit tanaman dari 500-1.000 bibit tanaman per bulan. Selain itu, ia bisa menjual ranting dan biji tanaman ke pasar Malaysia.

Selengkapnya, mengenai sosok dan kiprahnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan M Khoirul Soleh, sahabat petani dari Desa Kebonrejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/wawancara-bersama-M-Khoirul-Soleh–sahabat-petani-dari-Desa-Kebonrejo-Kecamatan-Salaman-Kabupaten-Magelang-egvtne

Artikel sebelumnyaMembaca Peluang dan Tantangan Indonesia Menjadi Negara Berpendapatan Menengah Atas
Artikel selanjutnyaMengurai Kasus Djoko Tjandra; Seberapa Perlu Pembentukan Pansus DPR?