Pemprov Jateng Terima 8 Ribuan Rapid Test

Rapid test kiriman dari pemerintah pusat
Gubernur Ganjar Pranowo menunjukkan rapid test kiriman dari pemerintah pusat.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak 8.400 rapid test yang dikirim pemerintah pusat sudah diterima Pemprov Jawa Tengah, Jumat (27/3). Ribuan rapid test itu, saat ini berada di gudang obat milik Dinas Kesehatan Jateng di Tambak Aji Semarang.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan alat pemeriksaan cepat atau rapid test untuk virus Korona yang dinanti sudah datang, dan segera dikirimkan ke daerah-daerah tertentu. Yang diutamakan, adalah daerah dengan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) paling banyak.

Menurutnya, penggunaan rapid test akan menjadi dasar pemerintah mengambil langkah cepat terhadap ODP yang dinyatakan positif terinfeksi virus Korona. Sedangkan bagi masyarakat yang dalam kondisi sehat, tidak perlu berdatangan ke rumah sakit melakukan rapid test.

Ganjar meminta kepada masyarakat, agar tidak perlu langsung mendatangi rumah sakit. Karena, yang saat ini menjadi prioritas ada ODP terdaftar.

“Ada 8.400 rapid test atau test kit yang kita terima hari ini. Insya Allah, mulai hari ini langsung akan kita sebarkan. Target kita adalah ODP, agar masyarakat tidak perlu berbondong-bondong. Yang sehat tenang saja, kami akan konsentrasi dulu mereka yang ODP. Dan cara kita adalah kita akan mendatangi, karena mereka sekarang kan isolasi di rumah. Jadi, di rumah saja biar petugas yang mendatangi,” kata Ganjar.

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, metode yang akan dilakukan dalam penggunaan rapid test adalah dengan cara jemput bola. Petugas akan mendatangi masyarakat yang terdata sebagai ODP ke rumahnya, dan melakukan pengecekan dengan rapid test.

“Jadi, silakan di rumah saja dan kami sudah punya datanya semua. Karena ODP itu kan mengisolasi diri di rumahnya, maka kami jemput dan melayani mereka dulu,” jelasnya.

Terkait dengan hasil pengecekan menggunakan rapid test diharapkan bisa selesai dalam waktu sehari. Sehingga, ketika hasil sudah didapat bisa diambil tindakan selanjutnya. (Bud)

https://www.instagram.com/p/B-PNlKVntJL/?utm_source=ig_web_copy_link