Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM dan LPG Saat Libur Panjang Tahun Baru Islam 1442 H

Semarang – PT Pertamina memastikan ketersedian stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) di provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta aman Saat Libur Panjang Tahun Baru Islam 1442 H.

Unit Manager (UM) Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti mengungkapkan pihaknya telah melakukan beberapa langkah antisipasi untuk memastikan fasilitas pelayanan beroperasi secara optimal dan ketersedian stoknya aman.

“Terkait konsumsi BBM kami pastikan 901 SPBU di wilayah kami akan beroperasi optimal dengan stok penuh. Selain itu kami juga menyediakan tambahan SPBU kantong di 17 lokasi SPBU yang rawan terjadi lonjakan, baik itu di jalan tol maupun trans Jawa yang merupakan jalur hilir mudik masyarakat di sekitar  Jawa Tengah hingga Yogyakarta,” ungkap Anna.

Di antaranya adalah di Kabupaten Semarang, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Banyumas, hingga Kabupaten Karanganyar.

Sementara untuk LPG, Anna menjelaskan Pertamina memliki fasilitas penyaluran LPG sebanyak 512 agen PSO, 117 agen Non-PSO, 47.418 pangkalan PSO, dan 6.129 outlet Non-PSO di wilayah operasinya.

“Dari jumlah tersebut sebanyak 485 agen PSO, 106 agen Non-PSO, 8.432 pangkalan PSO, dan 613 outlet Non-PSO merupakan fasilitas siaga yang akan tetap beroperasi melayani meskipun hari libur,” terangnya.

Anna menambahkan, untuk semakin memudahkan pelayanan kepada konsumen, Anna menuturkan pihaknya juga memiliki jasa layanan antar atau delivery service melalui kontak Pertamina 135 yang akan dipasok dari 47 SPBU.Meskipun sempat mengalami kenaikan konsumsi BBM  dan LPG pada saat libur panjang Hari Kemerdekaan yang lalu, Anna memastikan ketersediaan stok tetap aman karena masih di bawah penyaluran pada saat normal sebelum masa pandemi Covid-19.

“Penyaluran BBM jenis gasolin sebanyak 11.892 Kiloliter (KL) atau meningkat 4% serta BBM jenis gasoil sebanyak 5.575 KL atau meningkat 3%. Sementara konsumsi LPG sebesar 4.145 Metric Ton (MT) atau meningkat 0.2% dari bulan Juli,” tambahnya.

Di samping memastikan layanan produknya tetap optimal, Anna juga meyakinkan seluruh fasilitas Pertamina terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terlebih di era kenormalan baru saat ini

“Seluruh petugas kami bekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, pelindung wajah, sarung tangan hingga penyediaan wastafel cuci tangan dan hand sanitizer. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol Covid-19,” kata Anna. (tim)