Polda Jateng Siap Beri Bantuan Penyemprotan Desinfektan ke Tempat Umum

Penyemprotan desinfektan
Anggota Brimob Polda Jateng memeragakan cara penyemprotan desinfektan di ruang publik di halaman Mako Brimob Srondol, Rabu (18/3).

Semarang, Idola 92,6 FM – Pencegahan penyebaran virus Korona di tengah masyarakat, direspon jajaran Kepolisian Daerah Jawa Tengah dengan membentuk tim di semua polres/polresta/polrestabes. Tim tersebut akan membantu pihak pemerintah, dalam rangka memberikan penyemprotan desinfektan di wilayah-wilayah keramaian masyarakat.

Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Rachmad Widodo mengatakan pihaknya sebelum menerjunkan anggota di lapangan, memberikan pembekalan dan pelatihan tentang upaya pencegahan virus Korona. Pelatihan dan pembekalan, diberikan jajaran Biddokkes Polda Jateng.

Rachmat menjelaskan, dari hasil pembekalan dan pelatihan yang dipusatkan di Mako Brimob Srondol Polda Jateng itu nantinya akan ditularkan kepada anggota lainnya di tingkat polres/polresta/polrestabes. Sehingga, pihak kepolisian akan cepat bergerak saat pemerintah daerah membutuhkan bantuan penyemprotan desinfektan di ruang-ruang publik.

“Memberikan bantuan kepada instansi pemerintahan, dalam rangka penyemprotan desinfektan di tempat-tempat keramaian. Di antaranya di terminal, gedung bioskop dan pasar serta tempat ibadah. Nanti, pelaksanaan di lapangan akan bergandengan dengan BPBD. Sehingga, nanti akan sinergi memberikan penyemprotan atau pelayanan lainnya kepada masyarakat,” kata Widodo, Rabu (18/3).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sudaryanto menambahkan, pihaknya sangat mendukung langkah yang diambil jajaran Polda Jateng. Sebab, upaya penanggulangan dan pencegahan virus Korona harus dilakukan secara masif.

“Ini upaya yang luar biasa dari Polri, sehingga kami dari BPBD merasa terbantu. BPBD sekarang sedang menyusun rencana kontigensi, yang melibatkan TNI/Polri. Jadi, kita bekerja sama saling mendukung antara TNI/Polri baik itu dalam pengamanan dan pelaksanaan di daerah,” ujar Sudaryanto.

Lebih lanjut Sudaryanto menjelaskan, pihaknya juga sesuai perintah dari Gubernur Ganjar Pranowo menyiapkan perangkat yang dibutuhkan. (Bud)