Polrestabes Semarang Pantau Kendaraan Yang Diduga Ganti Plat Nomor

Petugas kepolisian menjaga Gerbang Tol Kalikangkung dan memutar balik kendaraan tujuan Jabodetabek dan Jabar

Semarang, Idola 92,6 FM-Polrestabes Semarang memeriksa secara ketat, semua kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung arah ke Jabodetabek atau Jawa Barat. Karena, ada indikasi pengemudi kendaraan mengganti plat nomor kendaraan agar bisa melalui pos pemeriksaan.

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi mengatakan dalam kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Kalikangkung, pihaknya beberapa kali menemukan ada pengemudi kendaraan mengganti plat nomornya. Modus itu digunakan, agar bisa melintas dengan aman menuju arah barat.

Ardi menjelaskan, modus yang digunakan para pengemudi adalah mengganti plat nomor kendaraan dari semula plat luar Jawa Tengah menjadi menjadi dalam kota. Semisal mengganti plat nomor Kota Semarang, Kota Tegal ataupun daerah lain di Jateng.

Menurutnya, modus lainnya yang dipakai adalah menyamarkan plat nomor kendaraan menggunakan kaca film gelap.

“Ini kami lakukan, dalam rangka mengantisipasi adanya indikasi pemalsuan nomor kendaraan. Jadi, ada indikasi kendaraan-kendaraan luar Jawa Tengah yang menggunakan plat nomor Jateng agar lolos pemeriksaan. Padahal, plat nomor Jawa Tengah dengan tujuan arah barat justru yang akan kita periksa. Untuk plat nomor luar Jateng, kita tempatkan di lajur paling kanan dan langsung kita putar balik,” kata Ardi, Jumat (29/5).

Lebih lanjut Ardi menjelaskan, secara umum arus lalu lintas yang melewati Gerbang Tol Kalikangkung masih cenderung landai, dan tidak ada pergerakan arus kendaraan secara masif. Bahkan, pergerakan kendaraan stabil di bawah 10 ribu kendaraan dan jauh di bawah kondisi normal hari biasa di 2019 kemarin.

“Ini menunjukkan, bahwa masyarakat cukup patuh tidak melakukan perjalanan mudik. Namun demikian, kami tetap melakukan upaya pencegahan COVID-19 dengan melakukan filterisasi kendaraan yang melintas,” pungkasnya. (Budi Aris)

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Belum Siap Terapkan Normal Baru
Artikel selanjutnyaMerefleksi Hari Pancasila di Tengah Pandemi Covid-19
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.