Wantimpres Minta Masyarakat Indonesia Jaga Keutuhan NKRI dan Junjung Merah Putih

Habib Lutfi bin Yahya
Anggota Wantimpres Habib Lutfi bin Yahya (memakai doreng) memimpin pembacaan deklarasi kebangsaan di Lapangan Simpang Lima, Jumat (24/1).

Semarang, Idola 92,6 FM – Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari beragam suku, dengan beberapa agama yang diakui negara. Keanekaragaman budaya dan perbedaan agama serta suku, harus bisa menjadi pemersatu bangsa. Hal itu ditekankan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Habib Lutfi bin Yahya saat mengikuti Kirab Kebangsaan Merah Putih di Kota Semarang, Jumat (24/1).

Habib Lutfi mengatakan sekian banyak kegiatan kirab kebangsaan digelar di sejumlah daerah, untuk menyatukan dan memererat tali persaudaran warga bangsa Indonesia. Bahkan, dirinya juga menekankan pentingnya menjunjung Merah Putih sebagai salah satu pemersatu bangsa.

Menurutnya, Merah Putih mengandung makna yang mendalam dan perlu diketahui serta diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

“Ada tiga hal yang perlu kita ketahui dalam Merah Putih, walaupun tidak ada hurufnya. Yang pertama adalah kehormatan bangsa, kedua harga diri bangsa dan ketiga jatidiri bangsa. Itu yang ada di Merah Putih. Kalau kita kenalkan Merah Putih itu, akan tumbuh harga diri dan kehormatan bangsa,” kata Habib Lutfi.

Sementara, Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, toleransi dan saling menghargai perbedaan sudah dicontohkan sejak zaman nabi dan wali di Pulau Jawa. Banyak kisah di zaman wali di Nusantara, yang memberikan contoh bagaimana bersikap toleransi.

“Bagaimana PR besar kita merawat nilai-nilai kebangsaan, dan menghormati orang lain. Bahwa budaya yang kaya luar biasa itu, memang harus kita rawat dan kita pelihara. Karena sebenarnya, menyatukan Indonesia ada di sana,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan saling menghargai dan menghormati meski berbeda keyakinan akan menjadi modal penting menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (Bud)

https://www.instagram.com/p/B7sXlCanFTY/?utm_source=ig_web_copy_link

Artikel sebelumnyaMenakar Plus Minus Kebijakan Pemerintah yang Akan Menghapus Tenaga Honorer?
Artikel selanjutnyaPMI Jateng Siap Siaga Antisipasi Bencana di Provinsi Ini

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini