Akhir Februari 2021 Dijadwalkan Pelantikan Kepala Daerah Terpilih di Jateng

Prasetyo Aribowo, Plt Sekda Jateng.
Prasetyo Aribowo, Plt Sekda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah merencanakan pelantikan bupati/wali kota terpilih pada Pilkada Serentak 2020, akan dilakukan pada akhir Februari 2021 nanti. Rencananya, pelantikan akan dilakukan secara virtual dan dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo.

Pelaksana tugas Sekda Jateng Prasetyo Aribowo mengatakan proses pelantikan secara virtual itu, rencananya akan dilakukan pada 25 atau 26 Februari 2021. Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri, berkaitan dengan pelantikan bupati/wali kota terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 kemarin.

Prasetyo menjelaskan, untuk sementara yang akan dilantik adalah 17 bupati/wali kota karena masa tugasnya telah selesai pada 17 Februari 2021 kemarin. Di antaranya adalah Kota Semarang, Surakarta, Kabupaten Rembang, Klaten dan Pemalang.

Menurutnya, 17 daerah yang sedang menunggu proses pelantikan bupati/wali kota itu untuk sementara pimpinan birokrasi dipimpin pelaksana harian dari sekretaris daerah masing-masing.

“Jadi, pelantikan KDH yang 21 orang itu, yang 17 daerah sudah clear dan berakhir 17 Februari. Yang empat daerah itu ada yang Mei atau Juni, sehingga yang 17 itu kemungkinan bisa dilantik tanggal 26 atau 25. Itu sambil menunggu petunjuk pak gubernur. Sementara langkah yang kita ambil sekda sebagai plh sampai pelantikan nanti oleh gubernur secara online,” kata Prasetyo, Senin (22/2).

Lebih lanjut Prasetyo menjelaskan, untuk empat daerah lainnya masih menunggu masa purna tugas bupati/wali kota yang bersangkutan selesai.

“Kecuali ikhlas masa jabatannya dimajukan, mungkin tidak masalah. Tapi kami mengikuti aturan yang ada dulu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKasus COVID-19 Terus Menurun Setelah Kebijakan PPKM dan Vaksinasi
Artikel selanjutnyaMenuju Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi