Akpol Gelar Porsimaptar XXI  Skala Internasional Secara Semi Virtual  

Semarang, Idola 92,6 FM – Akademi Kepolisian (Akpol) kembali menggelar Pekan Olahraga, Kesenian Mahasiswa dan Taruna (Porsimaptar) XXI, pada 18-22 Oktober 2021. Event ini akan digelar secara semi virtual, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi virus corona.

Ketua Panitia Popsimaptar Brigtutar M Arshan Rachman mengatakan, pada tahun ini Porsimaptar akan digelar dengan skala International. Setidaknya ada tiga negara yang akan ikut dalam event tahunan ini.

“Dalam Porsimaptar tahun ini level  lomba meningkat jadi berskala internasional. Seperti Lomba Karya Ilmiah dan English Competition diikuti peserta dari luar negeri yakni  Malasyia, Filipina dan Leeds Inggris,” jelas Ketua Panitia Popsimaptar Brigtutar M Arshan Rachman, dalam jumpa pers virtual Senin (11/10).

Masyarakat bisa menyaksikan seluruh rangkaian acara mulai dari pembukaan, aneka lomba, hingga penutupan lewat website www.porsimaptar.com, Instagram @porsimaptarakpol, dan Porsimaptar XXI di akun  Youtube.

“Pembukaan digelar  Senin 18 Oktober 2021, oleh Gubernur Akpol dan dimeriahkan penampilan Drumband Corps Cendrawasih dan berbagai kesenian.” Ujar Rachman.

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 bisa dijadikan momen untuk memanfaatkan teknologi. Karena itu, pihaknya mengedepankan kemajuan teknologi, games, science, kekayaan seni, dan budaya. Keenam lomba tersebut yakni, lomba Art Competition, Short Movie Competion, Poster design Kontes, Lomba Karya Ilmiah, English Competition, E-Sport Competition,Valorant, PUBG Ride & run.

“Seluruh perlombaan ini berskala nasional dan internasional. Bahkan, kami sengaja mendatangkan langsung juri internasional, di antaranya Shan Shuhas Kumar dari India dan Andres Paraguirre dari UNDP Meksiko.” Ungkapnya.

MEnurutnya sda lebih dari 3.500 peserta yang akan mengikuti enam kategori lomba. Tema yang diangkat yakni Revolution in Retrovolution yang mengusung slogan Muda, Kreatif, dan Inovatif, sehingga perlombaan-perlombaan ini menjadi menarik untuk diikuti.

“Tentunya sebagai penyemangat kami menyiapkan puluhan juta rupiah bagi pemenang lomba,” paparnya.

Dalam situasi dan keterbatasan selama masa PPKM ini Porsimaptar juga menggandeng iRace Indonesia dalam perlombaan virtual race yang terbagi dalam virtual ride sejauh 54 kilometer dan virtual race sejauh 21 kilometer.

“Kami juga menggelar virtual exhibition atau pameran virtual yang memamerkan karya-karya anak bangsa dan juga informasi tentang Akpol. Jadi peserta dan masyarakat umum bisa melihat bagaimana suasana di Akpol berikut kehidupan para taruna. Kami ini tidak sekaku yang dibayangkan orang selama ini,” tegas Arshan.

Selain perlombaan, Popsimaptar kali ini juga menggandeng  Senandung Nacita dalam acara webinar dengan menghadirkan narasumber pakar teknologi dari kalangan kepolisian.

“Beberapa perlombaan telah berlangsung sejak September lalu dan para pemenang nanti akan diumumkan serentak pada acara penutupan 22 Oktober mendatang.” Jelasnya. (tim)