Dinkes Sebut Varian Delta Ditemukan di Semua Sampel

Ambulance
Petugas kesehatan melakukan evakuasi warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah untuk dipindah ke tempat isolasi terpusat di Kota Solo.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Kesehatan dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah sudah mengirimkan 106 sampel dari pasien COVID-19, untuk diperiksa ke laboratorium di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan juga Balitbangkes. Dari seluruh sampel yang dikirimkan, 95 sampel di antaranya merupakan varian delta.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan rinciannya adalah 72 sampel berasal dari orang dewasa, dan sisanya berasal dari anak-anak di bawah usia 17 tahun ada 23 sampel. Pernyataan itu dikatakannya usai mengikuti rapat evaluasi penanganan COVID-19 di kantor gubernuran, Senin (12/7).

Menurut Yulianto, dari 106 sampel yang dikirimkan itu paling banyak berasal dari Kabupaten Kudus dengan 72 sampel dan 62 sampel di antaranya merupakan varian delta.
Yulianto menjelaskan, varian delta potensi penularannya cukup cepat dan tidak heran jika terjadi peningkatan kasus COVID-19. Bahkan, dari seluruh sampel anak-anak yang diambil semuanya diketahui merupakan varian delta.

“Varian delta itu saja merepotkan semuanya ya. Jadi memang kita sudah menerima hasil pemeriksaan WGS itu di berbagai tempat seperti Kudus, Jepara, Salatiga, Magelang, Solo dan Karanganyar. Ternyata hampir semuanya, terutama pada anak-anak. Dari sampel yang kita ambil pada anak-anak dengan kriteria inklusi itu, hasilnya semuanya delta. Ada yang bayi enam bulan, ada yang umur balita dan ada yang remaja di bawah 17 tahun,” kata Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, saat ini dari sampel yang dikirimkan dan diperiksa belum ditemukan adanya varian lain dari COVID-19 selain varian delta. Namun demikian, varian delta cukup menjadi ancaman karena penularan dan fatalitasnya cukup tinggi.

“Dari laporan genome sequencing, hampir semuanya varian delta. Dari data yang ada, sampel dari anak-anak semuanya menunjukkan varian delta,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaTACB Kabupaten Semarang Teliti Temuan Bekal Kubur Suku Kalang
Artikel selanjutnyaExit Tol Seluruh Jateng Ditutup Mulai 16 Juli

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini