Gus Yasin Minta Warga Jateng Waspadai Bencana di Musim Hujan

Taj Yasin, Wagub Jateng
Taj Yasin, Wagub Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah meminta kepada masyarakat, agar berhati-hati dengan potensi kebencanaan selama musim hujan. Seluruh elemen masyarakat harus bisa melakukan mitigasi bencana, dan membuat skenario evakuasi jika terjadi bencana.

Wagub Taj Yasin Maimoen mengatakan Jateng merupakan wilayah dengan supermarket bencana, sehingga harus menjadi perhatian semua pihak untuk mewaspadainya. Terlebih, saat ini sudah memasuki musim hujan. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Gus Yasin menjelaskan, ada banyak daerah di Jateng masuk kategori rawan bencana alam. Mulai dari tanah longsor, angin puting beliung hingga banjir. Sehingga, potensi-potensi bencana itu harus dilakukan mitigasi dan antisipasinya.

Menurut Gus Yasin, sinergitas dalam penanganan bencana bisa dilakukan antara pemerintah daerah bersama TNI/Polri dan relawan kebencanaan serta masyarakat setempat.

“Apalagi di Jawa Tengah, kawasan rawan bencana. Jadi untuk siap siaga, saat ini sudah masuk di musim hujan. Maka, perlu waspadai. Kita harus siap siaga,” kata Gus Yasin.

Lebih lanjut Gus Yasin menjelaskan, masyarakat juga tidak boleh lengah untuk bersiaga dan waspada dengan potensi bencana di daerahnya masing-masing. Setiap ada potensi bencana, bisa melaporkan kepada BPBD setempat untuk ditindaklanjuti meminimalkan risiko bencana.

“Yang daerahnya rawan banjir bisa dimitigasi, biasanya terjadi karena apa. Yang wilayahnya rawan tanah longsor juga harus bagaimana,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSatgas Covid-19 Siapkan Kebijakan Tambahan Guna Antisipasi Gelombang Ketiga
Artikel selanjutnyaFadli Apresiasi Animasi Karya Siswa SMK di Kudus

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini