Jateng Kembali Terima 55 Ribu Vial Vaksin

Vaksinasi kepada tokoh lintas agama
Pelaksanaan vaksinasi kepada tokoh lintas agama dan santri yang dilakukan di MAJT, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Jawa Tengah kembali menerima kiriman tambahan 55 ribu vial Vaksin Sinovac, dan langsung didistribusikan ke 35 kabupaten/kota untuk disuntikkan ke masyarakat sasaran. Dinas Kesehatan Jawa Tengah menyebut, sampai saat ini sudah ada 700 ribu warga yang telah menerima vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan pengiriman vaksin dari pusat, memang dilakukan secara bertahap dikarenakan jumlahnya yang terbatas. Sehingga, vaksin dari pusat dibagikan kepada seluruh provinsi di Indonesia dengan metode berjenjang.

Yulianto menjelaskan, kedatangan vaksin sebanyak 55 ribu vial itu kemudian dibagi rata ke 35 kabupaten/kota melalui Dinas Kesehatan masing-masing. Sebagai masyarakat sasaran di tahap vaksinasi saat ini adalah pelayan publik, pedagang pasar dan juga lansia serta wartawan.

Menurutnya, beberapa kabupaten/kota juga sudah mengikutsertakan tokoh agama dan tenaga pengajar sebagai penerima vaksin di gelombang kedua.

“Sudah ada yang datang lagi ya, makanya akan kita bagi hari ini. Kemarin yang datang sekitar 55 ribu vial, dan yang pertama itu kan 100 ribu vial. Yang tambahan ini sekitar 55 ribu sekian,” kata Yulianto, Jumat (12/3).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, pada tahap vaksinasi saat ini sasarannya cukup banyak dan ketersediaan vaksin yang terbatas jumlahnya. Untuk kelompok lansia di Jateng saja jumlahnya 3,1 juta orang, dan pelayan publik ada 2,2 juta orang.

“Kepada masyarakat saya mengimbau, bahwa vaksinasi ini akan kita laksanakan sampai bulan Desember. Jadi, kalau sekarang ini ada yang belum mendapatkan vaksin tidak perlu khawatir. Semuanya nanti akan mendapatkan vaksin selama umurnya di atas 18 tahun dan tidak ada gangguan kesehatan yang berarti, itu akan divaksin semuanya. Harap bersabar,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJokowi Harap Program Vaksinasi Ciptakan Herd Immunity
Artikel selanjutnyaAnggota Polantas Polda Jateng Dibekali Action Cam