Mengenal Budi Wahono, Kades Rejosari Jambu Pemberdaya Warga Melalui Tanaman Avokad

Budi Wahono
Budi Wahono Kepala Desa Rejosari Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang mengajak warga berkebun avokad di pekarangan rumahnya. (Photo dok Budi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Mengenal Budi Wahono (49 tahun), Kepala Desa Rejosari Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Budi tak lelah mengajak warganya terus menambah pendapatan dengan menanam pohon Avokad di pekarangan rumah warga.

Tahun 2021 ini, Budi mengemban jabatan sebagai kepala desa untuk periode tiga. Sebelumnya sejak tahun 2016, Budi memberikan bantuan bibit pohon avokad tiap satu rumah masing-masing mendapatkan tiga pohon. Seiring berjalannya waktu, hampir 300 rumah warga di desa Rejosari kini sudah menanam pohon avokad.

Selama ini, Budi melihat bahwa potensi tanaman kopi dan avokad di wilayahnya menjanjikan. Jadi tak mengherankan jika desa yang berada di jalur alternatif dari arah Semarang-Magelang ke Bandungan ini, sukses mengembangkan tanaman kopi dan avokad.

Pohon avokad siap panen
Buah avokad siap dipanen oleh warga. (Photo dok Budi)

Budi bisa melihat potensi tanaman avokad di desanya karena sebelum menjabat sebagai kepala desa, dia sudah menjadi ketua kelompok tani.

Lalu apa saja keunggulan atau yang dihasilkan oleh desa Rejosari di tangan Budi Wahono? Bagaimana upaya yang dilakukan dalam meyakinkan warga untuk menanam avokad?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Budi Wahono, Kepala Desa Rejosari Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBMKG Minta Nelayan Waspadai Peralihan Musim
Artikel selanjutnyaBagaimana Meningkatkan Pemahaman Moderasi Keagamaan?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini