Mengenal Sutejo, Pegiat Literasi dan Pendamping Sosial Anak-anak Pekerja Migran Indonesia dari Ponorogo

Sutejo
Sutejo Pegiat literasi/pendamping sosial terutama bagi anak-anak pekerja migran Indonesia (PMI) dari Ponorogo Jawa Timur. (Photo dok Sutejo)

Ponorogo, Idola 92.6 FM – Melihat banyaknya anak pekerja migran Indonesia (PMI) di wilayahnya, sosok satu ini tak tinggal diam. Ia mengajak mereka belajar, berkreasi, dan berkarya melalui sebuah rumah baca.

Sosok itu adalah Sutejo, pegiat literasi dan pendamping sosial terutama bagi anak-anak pekerja migran Indonesia (PMI) di Ponorogo Jawa Timur. Tejo panggilan akrabnya juga menjabat sebagai Ketua STKIP PGRI Ponorogo. Ia telah bergelut dengan literasi sejak tahun 1998.

Kegiatan literasi Sutejo
Sutejo dengan kegiatan literasi bersama murid SD di Ponorogo. Mereka “Nangis di Tangan Puisi”. (Photo dok Sutejo)

Dari awal, Tejo rajin menulis puluhan buku dan melatih menulis, mendirikan rumah baca, serta mendampingi anak-anak PMI yang terjebak problem sosial. Saat ini sekitar 90 persen dari 300 cerpen menunggu untuk dibukukan. Ada cerita nyata yang langsung didengar oleh Tejo dari yang mengalaminya.

Hingga kini, sekitar 150 orang yang telah didampingi Sutejo. Tak semuanya anak-anak PMI, ada pula yang berstatus guru dan dosen.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Sutejo, Pegiat literasi/ pendamping sosial terutama bagi anak-anak pekerja migran Indonesia (PMI) dari Ponorogo Jawa Timur. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMenyorot Fenomena Para Politisi Berlomba Memoles Citra Jelang Pemilu 2024
Artikel selanjutnyaTepis Hoax, Pertamina Himbau Masyarakat Tidak Panik, BBM dan LPG Aman

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini