Pemkab Purbalingga Renovasi Pasar Panican

Pedagang di Pasar Rakyat Panican
Gubernur Ganjar Pranowo berbincang dengan salah satu pedagang di Pasar Rakyat Panican Purbalingga.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemkab Purbalingga bekerja sama dengan Pemprov Jawa Tengah, melakukan renovasi Pasar Rakyat Panican di Kecamatan Kemangkon. Sebelumnya, kondisi pasar dinilai sudah tidak layak dan sering kebanjiran.

Salah satu pedagang di Pasar Panican, Rofi’ah mengaku senang pasar yang dijadikan tempat mencari rezeki sekarang sudah diperbaiki dan dibenahi hingga dipandang lebih layak dari sebelumnya. Hal itu dikatakannya di sela peninjauan Gubernur Ganjar Pranowo ke pasar tersebut, baru-baru ini.

Menurut Rofi’ah, pada 2016 kemarin Pemkab Purbalingga mulai merevitalisasi Pasar Panican dan saat ini telah selesai.

Rofi’ah menjelaskan, dulu kondisi Pasar Panican memprihatinkan dan terlihat kumuh serta kurang rapi. Bahkan, saat musim hujan dan intensitas hujan cukup deras membuat pasar mudah kebanjiran. Setelah banjir surut, yang muncul adalah tumpukan lumpur dan menambah kotor lingkungan pasar.

“Dulu kan ceblokan-ceblokan. Dulu juga banjir, sekarang sudah enggak. Alhamdulillah sekarang sudah lebih baik. Saya jualan di sini baru enam tahun. Jualan kupat dan sayuran, sayuran mateng,” kata Rofi’ah.

Terpisah, Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan bahwa revitalisasi Pasar Panican menggunakan APBD Pemkab Purbalingga sebesar Rp1 miliar dan pemprov memberi bantuan pada 2020 sebesar Rp6,7 miliar untuk penyelesaian pembangunan.

Ganjar menjelaskan, keberadaan Pasar Panican dengan Bandara Jenderal Sudirman diharapkan bisa saling mendukung untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Sehingga, jika Bandara Jenderal Sudirman sudah ramai dengan penerbangan akan berdampak terhadap keberadaan Pasar Panican.

“Ini dulu jelek banget. Tapi kerja sama dengan Pemkab Purbalingga, Alhamdulillah iuran dan kekurangannya kami terus kemudian kita bereskan. Alhamdulillah sekarang sudah jadi. Mudah-mudahan sebentar lagi bisa masuk. Mudah-mudahan pasarnya tambah laris, dan tampilannya juga akan jauh lebih baik,” ucap Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar meminta kepada 264 pedagang di Pasar Panican, untuk menjaga kebersihan dan kerapian di dalam pasar. Sehingga, masyarakat yang akan berbelanja juga menjadi lebih nyaman. (Bud)

Artikel sebelumnyaJateng Alami Deflasi 0,17 Persen Pada Juni 2021
Artikel selanjutnyaOJK Terus Komitmen Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini