IMF Menyebut Indonesia Layaknya Titik Terang saat Ekonomi Global Memburuk, Ini Sebuah Apresiasi atau Diplomasi?

IMF
Photo/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Dana Moneter Internasional (IMF) menyebut Indonesia menjadi titik terang saat ekonomi dunia suram. Hal tersebut diungkapkan oleh Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva saat bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani baru-baru ini.

Kristalina menyebut, “Indonesia remains a bright spot in a worsening global economy” – Indonesia tetap menjadi titik terang dalam ekonomi global yang memburuk.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut Sri Mulyani mengatakan bahwa Kristalina memberikan apresiasi kepada Indonesia yang meraih pertumbuhan tinggi dengan kondisi stabilitas politik dan fundamental ekonomi yang kuat.

Dalam pertemuan itu, keduanya berdiskusi tentang perkembangan terkini ekonomi global, dan membagi kekhawatiran yang sama terkait kondisi banyak negara. Sebab, dunia saat ini memang sedang tidak baik-baik saja.

Lalu, apakah ini sebuah apresiasi atau hanya pemanis diplomasi ketika IMF menyebut Indonesia layaknya ‘bright spot’ saat ekonomi global memburuk? Dari point of view dunia Internasional, apa saja kelebihan ekonomi Indonesia? Bagaimana hal-hal positif itu dapat dikonversi untuk menginfus optimisme bangsa?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, di antaranya: Dr Rahma Gafmi (Pengamat Ekonomi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya) dan Ahmad Heri Firdaus (Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: